Abstrak  Kembali
Kardono Arif Hidayat. Nim: 1401045360. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran SQ4R (Survey Question Read Reflect Recite Review) Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas V SDN Wanajaya 03. Skripsi: Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Agustus 2018. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pengaruh hasil belajar Bahasa Indonesia dengan penggunaan model SQ4R. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Wanajaya 03 Kabupaten Bekasi pada semester 2 tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi penelitian ini berjumlah 60 orang terdiri dari kelas VA dan kelas VC. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik sampling jenuh dengan istilah sensus. Instrumen dalam peneliti ini menggunakan Post Test tertulis dalam bentuk pilihan ganda. Setelah melakukan uji valid dan reliabilitas peneliti melakukan uji moralitas maka dapat dilanjutkan dengan uji homogenitas. Peneliti melakukan uji normalitas menggunakan uji Lilliefors dan uji homogenitas menggunakan uji Fisher. Berdasarkan hasil perhitungan uji moralitas didapat dari sampel kelas eksperimen yaitu Lhitung2,002= ttabel maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan Strategi Pembelajaran SQ4R (Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas IV SDN Wanajaya 03. Kata kunci: Model Pembelajaran SQ4R, hasil belajar Bahasa Indonesia