JAHIDUL AGLA PRIMA : 1401045149. “Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN Cinangka 02 Kota Depok”. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, Jakarta 2018.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memperoleh data tentang hasil belajar IPS dengan menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray pada siswa kelas V SDN Cinangka 02 Kota Depok.
Populasi penelitian ini berjumlah 30 siswa dengan sampel penelitian ini meliputi 30 siswa. Jenis teknik sample jenuh. Instrumen penelitian menggunakan tes berupa pilihan ganda dengan kunci jawaban yakni A,B,C dan D. Uji Validitas dengan menggunakan rumus Korelasi Point Biserial diperoleh hasil 25 soal valid dan 10 soal drop. Sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus KR-20 diperoleh rhitung > rtabel, 0,91 > 0,433, maka instrument reliabel.
Uji normalitas menggunakan Liliefors, pada kegiatan pre-test diperoleh Lhitung < Ltabel 0,1333 < 0,161 dengan taraf signifikan α = 0,05 dan n = 30. Sementara pada kegiatan post-test diperoleh Lhitung < Ltabel, 0,1134 < 0,161 dengan taraf signifikan α = 0,05 dan n = 30. Maka dapat disimpulkan bahwa data kedua kelompok berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitas menggunakan uji Fisher diperoleh Fhitung < Ftabel 1,17 < 1,86 dengan taraf signifikan α = 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa varians kedua kelas tersebut homogen. Setelah dilakukan uji persyaratan analisis data, dilakukan uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh thitung > ttabel, 9,71 > 2,048 pada α = 0,05 dan dk = 28. Maka H0 ditolak dan terdapat pengaruh.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Cinangka 02 Kota Depok
Kata Kunci : Model Pembelajaran Two Stay Two Stray, Hasil Belajar IPS.
|