Abstrak  Kembali
Isnaini Fauziah Sholehah. 1401045410. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Quantum Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV SDI Amaryllis, Cibubur. Skripsi : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui terdapat pengaruh penerapan Model Pembelajaran Quantum Learning yang signifikan terhadap hasil belajar IPA kelas IV SDI Amaryllis, Cibubur, pokok bahasan energi panas dan bunyi. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen. Variabel bebas: Model Pembelajaran Quantum Learning. Variabel terikat : hasil belajar IPA. Penelitian ini dilaksanakan di SDI Amaryllis, Cibubur kelas IV pada semester II tahun pelajaran 2017/2018. Populasi penelitian ini berjumlah 30 siswa yang seluruhnya diteliti. Teknik sampel yang digunakan adalah teknik sampel jenuh. Pengujian dilakukan dengan instrumen soal Pilihan Ganda (PG) dengan empat pilihan jawaban. Uji Instrumen dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Uji validitas dengan Korelasi Point Biserial didapat 30 soal yang valid dan 10 soal tidak valid. Uji reliabilitas dengan KR-20 didapat rhitung = 0,994 > 0,361 = r(0,05,30), maka instrumen reliabel. Uji Normalitas menggunakan Uji Liliefors. Hasil pretest didapatkan Lhitung = 0,115 ≤ 0,161 = r(0,05,30), postest didapatkan Lhitung = 0,142 ≤ 0,161 = r(0,05,30), maka dapat disimpulkan bahwa kedua sampel berdistribusi normal. Uji Homogenitas menggunakan Uji Fisher, diperoleh Fhitung = 1,36 ≤ 0,185 = F (0,05(29)(29)), dapat disimpulkan sampel kedua data tersebut berasal dari populasi yang homogen. Rata-rata nilai hasil belajar IPA pretest sebesar 56,2 dan rata-rata nilai hasil belajar IPA posttest sebesar 80. Pengujian hipotesis menggunakan Uji-t, didapatkan thitung = 7,87 > 1,66 = t(0,05,58), dengan taraf signifikansi α= 0,05. Hal ini berarti tolak H0, maka hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan Model Pembelajaran Quantum Learning yang signifikan terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV di SDI Amaryllis Cibubur. Kata Kunci : Model Pembelajaran Quantum Learning, Hasil Belajar IPA.