Abstrak  Kembali
Irna Dewita: 1701029030. “Peningkatan Hasil Belajar Matematika Tentang Soal Cerita dengan Model Polya pada Siswa Kelas V SD Negeri Cipinang Besar Utara 11 Pagi Jakarta Timur ”. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. HAMKA, 2019. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa sekolah dasar pada materi soal cerita dengan model Pembelajaran Polya. Metode penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang tersisi dari perencanaan, pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Instrument yang dipakai berupa lembar observasi dan soal. Hasil penelitian ini adalah 1) Pada Siklus I rencana pelaksanaan pembelajaran mendapatkan skor 45% dengan kategori kurang namun mengalami kenaikan pada siklus II dengan mendapatkan skor sebesar 77% dengan kategori baik. 2) Pengamatan pada aktifitas guru siklus I mendapatkan persentase skor 72,5% kategori cukup dan meningkat pada siklus II dengan persentasi skor 85% dengan kategori baik. 3) Pengamatan pada aktifitas siswa siklus I mendapatkan persentase skor 75% dengan kategori baik dan meningkat pada siklus II dengan skor 87,5% dengan kategori sangat baik. Dari hal ini bahwa terjadinya peningkatan dalam ketiga aspek hasil belajar, aspek guru dan aspek siswa. Penelitian ini memiliki implikasi bahwa model Polya cocok digunakan pada pembelajaran matematika soal cerita di sekolah dasar. Kata Kunci : Hasil belajar matematika, soal cerita, model Polya.