Irna Dewita: 1701029030. “Peningkatan Hasil Belajar Matematika Tentang Soal
Cerita dengan Model Polya pada Siswa Kelas V SD Negeri Cipinang Besar Utara
11 Pagi Jakarta Timur ”. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,Universitas
Muhammadiyah Prof.Dr. HAMKA, 2019.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa sekolah
dasar pada materi soal cerita dengan model Pembelajaran Polya. Metode penelitian
adalah penelitian tindakan kelas yang tersisi dari perencanaan, pelaksanaan
pengamatan dan refleksi. Instrument yang dipakai berupa lembar observasi dan
soal.
Hasil penelitian ini adalah 1) Pada Siklus I rencana pelaksanaan pembelajaran
mendapatkan skor 45% dengan kategori kurang namun mengalami kenaikan pada
siklus II dengan mendapatkan skor sebesar 77% dengan kategori baik. 2)
Pengamatan pada aktifitas guru siklus I mendapatkan persentase skor 72,5%
kategori cukup dan meningkat pada siklus II dengan persentasi skor 85% dengan
kategori baik. 3) Pengamatan pada aktifitas siswa siklus I mendapatkan persentase
skor 75% dengan kategori baik dan meningkat pada siklus II dengan skor 87,5%
dengan kategori sangat baik.
Dari hal ini bahwa terjadinya peningkatan dalam ketiga aspek hasil belajar, aspek
guru dan aspek siswa. Penelitian ini memiliki implikasi bahwa model Polya cocok
digunakan pada pembelajaran matematika soal cerita di sekolah dasar.
Kata Kunci : Hasil belajar matematika, soal cerita, model Polya.
|