Nur Shabrina Hadi Kusuma. NIM: 140105093. Pengaruh Konsep Diri
Terhadap Komunikasi Interpersonal Pada Siswa Kelas XI di SMAN 12 Bekasi.
Skripsi Jakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas
Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2018.
Fenomena konsep diri antara lain kurang mampu memahami diri sendiri,
komunikasi interpersonal rendah yang memicu kesalahpahaman yang dimiliki
siswa di SMAN 12 Bekasi, dan mengakibatkan siswa berkomunikasi buruk dalam
berinteraksi.
Tujuan penelitian untuk mengetahui Pengaruh Konsep Diri terhadap Komunikasi
Interpersonal Pada Siswa Kelas XI di SMAN 12 Bekasi. Penelitian menggunakan
pendekatan kuantitatif asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas
XI sejumlah 313 siswa. Penentuan sampel dengan teknik Random Sampling
diperoleh 76 siswa. Uji validitas instrumen menggunakan Kolmogorov Smirnov
dan uji reliabilitas dengan menggunakan koefisien Alpha Cronbach. Analisis data
penelitian ini menggunakan analisis regresi.
Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh yang positif dan signifikan antara
konsep diri terhadap komunikasi interpersonal dengan nilai F hitung sebesar
29.231 (p<0,05). Selain itu, nilai R Square atau koefien determinan diperoleh
hasil 0,283 yang berarti bahwa konsep diri memiliki pengaruh kontribusi sebesar
28% terhadap komunikasi interpersonal siswa, sedangkan sisanya sebesar 72%
dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya. Pengaruh positif diartikan bahwa konsep
diri memberikan pengaruh yang positif terhadap komunikasi interpersonal, jadi
|