Abstrak  Kembali
Nur Shabrina Hadi Kusuma. NIM: 140105093. Pengaruh Konsep Diri Terhadap Komunikasi Interpersonal Pada Siswa Kelas XI di SMAN 12 Bekasi. Skripsi Jakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2018. Fenomena konsep diri antara lain kurang mampu memahami diri sendiri, komunikasi interpersonal rendah yang memicu kesalahpahaman yang dimiliki siswa di SMAN 12 Bekasi, dan mengakibatkan siswa berkomunikasi buruk dalam berinteraksi. Tujuan penelitian untuk mengetahui Pengaruh Konsep Diri terhadap Komunikasi Interpersonal Pada Siswa Kelas XI di SMAN 12 Bekasi. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas XI sejumlah 313 siswa. Penentuan sampel dengan teknik Random Sampling diperoleh 76 siswa. Uji validitas instrumen menggunakan Kolmogorov Smirnov dan uji reliabilitas dengan menggunakan koefisien Alpha Cronbach. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh yang positif dan signifikan antara konsep diri terhadap komunikasi interpersonal dengan nilai F hitung sebesar 29.231 (p<0,05). Selain itu, nilai R Square atau koefien determinan diperoleh hasil 0,283 yang berarti bahwa konsep diri memiliki pengaruh kontribusi sebesar 28% terhadap komunikasi interpersonal siswa, sedangkan sisanya sebesar 72% dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya. Pengaruh positif diartikan bahwa konsep diri memberikan pengaruh yang positif terhadap komunikasi interpersonal, jadi