Siti Roosliyani Utami: 1301065162. “The Relationship Between Students’ Self-Regulated Learning and Their Speaking Skill For The Second Semester Of The 2018/2019 Academic Year at The Eight Grade Students of SMPN 214 Jakarta”. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2019.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara kemandirian belajar siswa dan kemampuan siswa dalam berbicara bahasa Inggris pada siswa kelas VIII SMPN 214 Jakarta pada semester 2 tahun ajaran 2018/2019. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Kuesioner yang di adopsi dari Motivated Strategies for Learning Questionnaire (MSLQ) dan tes berbicara digunakan untuk mengumpulkan data dari 35 siswa sebagai sampel. Pertama, data di analisis dengan deskripsi statistik program SPSS, kemudian penulis menggunakan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas menggunakan Chi-Square (X2) dan uji linieritas menggunakan diagram sebar. Berdasarkan hasil dari variabel X adalah X2o < X2t = 5.36 < 7.81 dan variavel Y adalah X2o < X2t = 3.75 < 9.49. Hal ini menunjukan bahwa data kedua variabel berdistribusi normal. Diagram sebar juga menunjukan bahwa korelasi dan regresi kedua data X dan Y bersifat linier.
Untuk mengetahui hubungan antara dua variabel penulis menggunakan analisis Pearson’s Product Moment Correlation. Hasil pada tingkat signifikansi 0.05 = ro : rt = 0.45 > 0.33. Hal ini menunjukan bahwa terdapat hubungan antara kemandirian belajar siswa dengan kemampuan berbicara siswa. Tahap terakhir, penulis menggunakan t-test untuk melihat signifikansi dari hubungan antara dua variabel. Hasil dari to (2.90) lebih besar dari tt (1.69) dengan nilai signifikansi 0.05, menunjukan adanya hubungan yang signifikan antara kedua variabel. Semoga hasil penelitian ini memberikan implikasi bagi siswa, guru, dan penelitian di masa yang akan datang.
|