Abstrak  Kembali
Vina Nudiastuti. Pengaruh Metode Round Table terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksposisi pada Siswa Kelas X SMK Putra Mandiri Jakarta Barat. Skripsi. Jakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode round table terhadap kemampuan menulis teks eksposisi pada siswa kelas X SMK Putra Mandiri Jakarta Barat. Penelitian ini dilakukan pada tahun ajaran 2018/2019 semester ganjil. Populasi penelitian ini berjumlah 30 orang siswa yang seluruhnya diteliti. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pre eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Dengan metode tersebut peneliti hanya menggunakan satu kelas yaitu memberikan dua perlakuan pretest dan posttest. Dari hasil perhitungan uji normalitas pada kelas pretest diperoleh (Lo < Lh) (0,1063 < 0,1611) dan pada kelas posttest didapat (0,1123 < 0,1611) hal tersebut menyatakan bahwa data berdistribusi normal. Dari hasil uji homogenitas menunjukan bahwa (Lh < Lt) (1,00 < 1,85)hal tersebut menunjukan bahwa kelompok pretest dan posttest memiliki varians yang homogen. Selanjutnya dari hasil perhitungan uji-t menunjukan bahwa (thitung > ttabel) (5,679 > 2,003) hal ini menunjukkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Oleh karena itu, hasil penelitian ini disimpulkan bahwa ada pengaruh metode round table terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMK Putra Mandiri Jakarta Barat.