Abstrak  Kembali
Tri Hastuti: 1501045100. “Hubungan Antara Regulasi Emosi dengan Interaksi Kepada Orang Tua dalam Novel Represi Karya Fakhrisina Amalia (Implikasi di Sekolah)”. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui regulasi emosi dalam novel Represi karya Fakhrisina Amalia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif, sedangkan analisis yang digunakan adalah analisis isi. Teknik penelitian yang digunakan adalah teknik simak catat yakni membaca novel Represi karya Fakhrisina Amalia, kemudian mencatat hasil temuan regulasi emosi dalam novel tersebut. Hasil penelitian ini menemukan empat aspek regulasi emosi dalam novel Represi karya Fakhrisina Amalia. Diantaranya strategies to emotion regulation (strategies) sebanyak 15 kutipan, engaging in goal directed behavior (goals) sebanyak 9 kutipan, control emotional responses (impulse) sebanyak 8 kutipan, dan acceptance of emotional response (acceptance) sebanyak 12 kutipan. Penelitian ini berimplikasi pada pembelajaran sastra khususnya unsur intrinsik yang dikaitkan dengan regulasi emosi dalam novel sehinga dapat menemukan unsur psikologi sastra dalam novel. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa regulasi emosi yang terdapat dalam novel Represi dapat memberikan gambaran tentang kejadian dalam cerita yang tadinya abstrak menjadi lebih nyata. Regulasi emosi dalam novel Represi Karya Fakhrisina Amalia mampu membuat pembaca tidak cepat merasa bosan serta dapat dimplikasikan dalam pembelajaran sastra, sehingga guru dapat membimbing siswa dalam menemukan nilai-nilai yang terkandung dalam sastra yang digunakan dalam karya sastra novel.