Abstrak  Kembali
YUNI KARTIKA PUTRI. 1401125158. Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Concrete Representational Abstract Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa di SMPN 259 Jakarta. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, April 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan pendekatan pembelajaran Concrete Representational Abstract teradap kemampuan komunikasi matematis siswa di SMP Negeri 259 Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan menggunakan metode penelitian eksperimen jenis Quasi Experimental dengan desain the static group comparison. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 259 Jakarta pada semester genap tahun ajaran 2017/2018 dan sampel yang diteliti sebanyak 67 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode cluster random sampling. Instrumen penelitian berupa soal uraian sebanyak 6 soal, dilihat dari hasil validitas isi, muka dan konstruk kemudian di uji validitas, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran dan uji daya pembeda. Uji prasyarat yang dilakukan yaitu uji normalitas dan homogenitas kemudian diperoleh hasil data yang berdistribusi normal dan kedua kelompok homogen. Uji hipotesis menggunakan uji-t menghasilkan 3,241 yang mangakibatkan tolak taraf signifikansi 5% dengan Effect Size sebesar 0,918 atau 91,8% bahwa rata – rata kemampuan komunikasi matematis siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari rata – rata kemampuan komunikasi kelas kontrol. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan pendekatan pembelajaran Concrete Representational Abstract teradap kemampuan komunikasi matematis sebesar 91,8% dengan kriteria tinggi.