YUNI KARTIKA PUTRI. 1401125158. Pengaruh Pendekatan Pembelajaran
Concrete Representational Abstract Terhadap Kemampuan Komunikasi
Matematis Siswa di SMPN 259 Jakarta. Skripsi. Jakarta: Program Studi
Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas
Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, April 2018.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan pendekatan
pembelajaran Concrete Representational Abstract teradap kemampuan
komunikasi matematis siswa di SMP Negeri 259 Jakarta. Penelitian ini
merupakan penelitian kuantitatif dan menggunakan metode penelitian eksperimen
jenis Quasi Experimental dengan desain the static group comparison. Populasi
penelitian mencakup seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 259 Jakarta pada
semester genap tahun ajaran 2017/2018 dan sampel yang diteliti sebanyak 67
siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode cluster random
sampling. Instrumen penelitian berupa soal uraian sebanyak 6 soal, dilihat dari
hasil validitas isi, muka dan konstruk kemudian di uji validitas, uji reliabilitas, uji
tingkat kesukaran dan uji daya pembeda. Uji prasyarat yang dilakukan yaitu uji
normalitas dan homogenitas kemudian diperoleh hasil data yang berdistribusi
normal dan kedua kelompok homogen. Uji hipotesis menggunakan uji-t
menghasilkan 3,241 yang mangakibatkan tolak taraf signifikansi 5% dengan
Effect Size sebesar 0,918 atau 91,8% bahwa rata – rata kemampuan komunikasi
matematis siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari rata – rata kemampuan
komunikasi kelas kontrol. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat
pengaruh penggunaan pendekatan pembelajaran Concrete Representational
Abstract teradap kemampuan komunikasi matematis sebesar 91,8% dengan
kriteria tinggi.
|