Abstrak  Kembali
VORRY NAVYOLA. NIM: 1401125153. Pengaruh pendekatan Aptitude Treatment Interaction (ATI) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa di SMP Negeri 21 Bekasi. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, Mei 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa di SMP Negeri 21 Bekasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan menggunakan metode penelitian eksperimen jenis quasi experimental dengan posttest only group design. Populasi penelitian mencangkup seluruh siswa kelas kelas VIII SMP Negeri 21 Bekasi pada semester genap tahun ajaran 2017/2018 dan sampel yang diteliti sebanyak 81 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode cluster random sampling. Instrumen penelitian berupa soal uraian sebanyak 5 soal. Uji prasyarat yang dilakukan yaitu uji normalitas dan homogenitas kemudian diperoleh hasil data yang berdistribusi normal tetapi tidak homogen. Uji hipotesis menggunakan uji-t’ menghasilkan 2,182 yang mengakibatkan tolak pada taraf signifikan 5% dengan effect size sebesar 0,408 yang tergolong sedang. Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan Aptitude Treatment Interaction (ATI) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa.