VORRY NAVYOLA. NIM: 1401125153. Pengaruh pendekatan Aptitude
Treatment Interaction (ATI) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis
siswa di SMP Negeri 21 Bekasi. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan
Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah
Prof. DR. HAMKA, Mei 2018.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran
Aptitude Treatment Interaction (ATI) terhadap kemampuan pemahaman konsep
matematis siswa di SMP Negeri 21 Bekasi. Penelitian ini merupakan penelitian
kuantitatif dan menggunakan metode penelitian eksperimen jenis quasi
experimental dengan posttest only group design. Populasi penelitian mencangkup
seluruh siswa kelas kelas VIII SMP Negeri 21 Bekasi pada semester genap tahun
ajaran 2017/2018 dan sampel yang diteliti sebanyak 81 siswa. Teknik
pengambilan sampel menggunakan metode cluster random sampling. Instrumen
penelitian berupa soal uraian sebanyak 5 soal. Uji prasyarat yang dilakukan yaitu
uji normalitas dan homogenitas kemudian diperoleh hasil data yang berdistribusi
normal tetapi tidak homogen. Uji hipotesis menggunakan uji-t’ menghasilkan
2,182 yang mengakibatkan tolak pada taraf signifikan 5% dengan effect size
sebesar 0,408 yang tergolong sedang. Penelitian ini menyimpulkan bahwa
terdapat pengaruh pendekatan Aptitude Treatment Interaction (ATI) terhadap
kemampuan pemahaman konsep matematis siswa.
|