Abstrak  Kembali
TUTA ARIANI. NIM : 1401125146. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa melalui Model Problem Based Learning Pada Materi Lingkaran di Kelas VIII-1 SMP Negeri 100 Jakarta. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2018. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi lingkaran melalui model Problem Based Learning berbasis lembar kerja peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 100 Jakarta tahun pelajaran 2017/2018 pada bulan Januari 2018. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 100 Jakarta yang berjumlah 35 siswa, terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 22 siswa perempuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kurt Lewin melalui empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi yang terdiri dari dua siklus. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar matematika siswa sebelum tindakan adalah 71,1 dengan presentase pencapaian KKM sebesar 42,8%. Setelah dilakukan tindakan dengan menggunakan model Problem Based Learning peserta didik memperoleh nilai rata-rata hasil belajar matematika siswa pada siklus I sebesar 81,1 dengan presentase pencapaian KKM sebesar 60,0% dan masih jauh dari yang ditargetkan. Setelah melakukan perbaikan maka siswa memperoleh rata-rata hasil belajar matematika siswa pada siklus II sebesar 86,9 dengan presentase pencapaian KKM sebesar 82,8%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa di kelas VIII-1 SMP Negeri 100 Jakarta.