TRI HARDIYANTI. NIM: 1401125178. Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Model Discovery Learning dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Berbasis LKPD di SMP Muhammadiyah 4 Cipondoh. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2018.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya perbedaan hasil belajar matematika siswa antara model Discovery Learning dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis LKPD di SMP Muhammadiyah 4 Cipondoh. Metode Penelitian yang digunakan adalah true experimental design. Populasi pada penelitian ini seluruh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 4 Cipondoh. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 64 siswa kelas VII pada semester genap tahun ajaran 2017/2018. Instrumen penelitian ini berupa tes hasil belajar matematika siswa yang telah di uji validitas dan reliabilitas. Hasil pengujian hipotesis dengan prasyarat berupa pengujian normalitas dengan menggunakan uji Liliefors data kedua kelompok tidak berdistribusi normal. Pengujian hipotesis menggunakan metode Mann Whitney (U-tes) untuk menguji perbedaan hasil belajar matematika yang belajar dengan model Discovery Learning dan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Berdasarkan perhitungan Mann Whitney dengan menggunakan pendekatan kurva normal diperoleh 𝑝=0,02<0,05=𝛼 maka H0 ditolak. Hal ini berarti terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa dengan model Discovery Learning dan model pembelajaran kooperatif tipe STAD.
|