SYAHRI RACHMADINI. NIM: 1401125142. Pengaruh Model Pembelajaran
Student Facilitator And Explaining (SFE) Terhadap Kemampuan Komunikasi
Matematis Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 222 Jakarta. Skripsi. Jakarta: Program
Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,
Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2018.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran student
facilitator and explaining (SFE) terhadap kemampuan komunikasi matematis
siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 222 Jakarta di kelas VII pada
semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan metode
Quasi Experimental. Sampel yang diteliti sebanyak 72 siswa yang terdiri dari 36
siswa kelas eksperimen dan 36 siswa kelas konrol. Pengambilan sampel
menggunakan convenience sampling. Instrumen diuji validitas serta reliabilitas
menghasilkan instrumen yang valid dan reliabel. Hasil uji validitas dengan rumus
Product Moment terdapat 8 soal valid dari 8 soal yang di uji. Hasil uji reliabilitas
dengan rumus Alpha Cronbach‟s adalah soal tersebut reliabel. Hasil analisis uji
hipotesis menggunakan uji Mann Whitney dengan taraf 0,05 dan didapat
sehingga H0 ditolak. Hasil penelitian ini menyimpulkan
bahwa terdapat pengaruh kemampuan komunikasi matematis siswa yang
diajarkan dengan model student facilitator and explaining (SFE). Peningkatan
yang diperoleh berada pada kategori sedang sebesar 0,364. Hal ini berarti bahwa
terdapat pengaruh model pembelajaran student facilitator and explaining (SFE)
terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa.
|