Abstrak  Kembali
SYAHRI RACHMADINI. NIM: 1401125142. Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFE) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 222 Jakarta. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran student facilitator and explaining (SFE) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 222 Jakarta di kelas VII pada semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Experimental. Sampel yang diteliti sebanyak 72 siswa yang terdiri dari 36 siswa kelas eksperimen dan 36 siswa kelas konrol. Pengambilan sampel menggunakan convenience sampling. Instrumen diuji validitas serta reliabilitas menghasilkan instrumen yang valid dan reliabel. Hasil uji validitas dengan rumus Product Moment terdapat 8 soal valid dari 8 soal yang di uji. Hasil uji reliabilitas dengan rumus Alpha Cronbach‟s adalah soal tersebut reliabel. Hasil analisis uji hipotesis menggunakan uji Mann Whitney dengan taraf 0,05 dan didapat sehingga H0 ditolak. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan dengan model student facilitator and explaining (SFE). Peningkatan yang diperoleh berada pada kategori sedang sebesar 0,364. Hal ini berarti bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran student facilitator and explaining (SFE) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa.