Abstrak  Kembali
SALWA MUZDALIFAH. Penerapan Model Discovery Learning Berbantu Alat Peraga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Trigonometri Siswa Kelas X MIA 1 di MAN 7 Jakarta. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2018. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada materi trigonometri siswa kelas X MIA 1 MAN 7 Jakarta. Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai rata-rata ulangan harian siswa sebelum tindakan. Hipotesis tindakan yang diajukan dalam penelitian ini adalah “menerapkan model Discovery Learning berbantu alat peraga untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada materi trigonometri siswa kelas X MIA 1 di MAN 7 Jakarta”. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut: sebelum tindakan, nilai rata-rata hasil belajar matematika siswa adalah 36 dengan persentase pencapaian KKM sebesar 0% dan pada siklus I, nilai rata-rata hasil belajar matematika siswa adalah 44 dengan persentase pencapaian KKM sebesar 9%, sedangkan pada siklus II, nilai rata-rata hasil belajar matematika siswa adalah 86 dengan persentase pencapaian KKM sebesar 94%.Simpulan akhir dari penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan model Discovery Learning berbantu alat peraga dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi trigonometri siswa kelas X MIA1 di MAN 7 Jakarta.