SALWA MUZDALIFAH. Penerapan Model Discovery Learning Berbantu Alat
Peraga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Trigonometri
Siswa Kelas X MIA 1 di MAN 7 Jakarta. Skripsi. Jakarta: Program Studi
Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas
Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2018.
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar
matematika pada materi trigonometri siswa kelas X MIA 1 MAN 7 Jakarta.
Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai rata-rata
ulangan harian siswa sebelum tindakan. Hipotesis tindakan yang diajukan dalam
penelitian ini adalah “menerapkan model Discovery Learning berbantu alat peraga
untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada materi trigonometri siswa
kelas X MIA 1 di MAN 7 Jakarta”. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan
dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut: sebelum tindakan, nilai rata-rata hasil
belajar matematika siswa adalah 36 dengan persentase pencapaian KKM sebesar
0% dan pada siklus I, nilai rata-rata hasil belajar matematika siswa adalah 44
dengan persentase pencapaian KKM sebesar 9%, sedangkan pada siklus II, nilai
rata-rata hasil belajar matematika siswa adalah 86 dengan persentase pencapaian
KKM sebesar 94%.Simpulan akhir dari penelitian tindakan kelas ini menunjukkan
bahwa pembelajaran menggunakan model Discovery Learning berbantu alat
peraga dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi trigonometri
siswa kelas X MIA1 di MAN 7 Jakarta.
|