RUSDI HAMDANY NUARY. NIM: 1401125127. Upaya Meningkatkan Hasil
Belajar Matematika melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw
Berbantu Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Materi Bangun Ruang Sisi Datar
di SMP Negeri 20 Jakarta Tahun Pelajaran 2017/2018 . Skripsi. Jakarta: Program
Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,
Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, Mei 2018.
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar
matematika peserta didik di kelas VIII-I SMP Negeri 20 Jakarta. Jenis penelitian
ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan 2
siklus masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan,
pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data melalui tes hasil belajar dan
aktivitas belajar siswa berupa observasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah
dilakukan dapat disimpulkan sebagai berikut. Nilai rata-rata pada siklus I 80,90
dan persentase pencapaian KKM 72,23%. Nilai rata-rata pada siklus II 84,84 dan
persentase pencapaian KKM 75,74%. Aktivitas guru pada siklus I diperoleh
58,97% dan pada siklus II aktivitas guru diperoleh persentase 73,71%. Aktivitas
siswa pada siklus 1 diperoleh sebanyak 57,63% dan pada siklus II aktivitas
peserta didik mengalami peningkatan sebanyak 74,30%. Simpulan akhir dari
penelitian tindakan kelas ini menunjukan bahwa pembelajaran dengan
menggunakan model kooperatif tipe jigsaw berbantu LKPD dapat meningkatkan
hasil belajar matematika siswa di kelas VIII-I SMP Negeri 20 Jakarta.
|