Abstrak  Kembali
RUSDI HAMDANY NUARY. NIM: 1401125127. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantu Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Materi Bangun Ruang Sisi Datar di SMP Negeri 20 Jakarta Tahun Pelajaran 2017/2018 . Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, Mei 2018. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik di kelas VIII-I SMP Negeri 20 Jakarta. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan 2 siklus masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data melalui tes hasil belajar dan aktivitas belajar siswa berupa observasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan sebagai berikut. Nilai rata-rata pada siklus I 80,90 dan persentase pencapaian KKM 72,23%. Nilai rata-rata pada siklus II 84,84 dan persentase pencapaian KKM 75,74%. Aktivitas guru pada siklus I diperoleh 58,97% dan pada siklus II aktivitas guru diperoleh persentase 73,71%. Aktivitas siswa pada siklus 1 diperoleh sebanyak 57,63% dan pada siklus II aktivitas peserta didik mengalami peningkatan sebanyak 74,30%. Simpulan akhir dari penelitian tindakan kelas ini menunjukan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif tipe jigsaw berbantu LKPD dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa di kelas VIII-I SMP Negeri 20 Jakarta.