HERNIYAN REZITA. NIM 1101125027. Peningkatan Hasil Belajar
Matematika Siswa Materi Turunan Fungsi Trigonometri melalui Model Discovery
Learning di Kelas XI MIA 3 Semester II Tahun Pelajaran 2014/2015 SMAN 106
Jakarta. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA,
Agustus 2015.
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar
matematika siswa pada materi turunan fungsi trigonometri melalui model
discovery learning di kelas XI MIA 3 SMAN 106 Jakarta. Penelitian tindakan
kelas ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai rata-rata kelas sebelum tindakan
dan rendahnya aktivitas siswa pada saat proses pembelajaran matematika.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan hal-hal sebagai
berikut: (1) Hasil belajar matematika siswa sebelum tindakan, nilai rata-rata kelas
adalah 54 dengan persentase pencapaian kriteria ketuntasan minimal 5,56% dan
hasil belajar matematika siswa siklus I, nilai rata-rata kelas menjadi 58 dengan
persentase pencapaian kriteria ketuntasan minimal 13,89%, pada saat siklus II,
nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 87 dengan persentase pencapaian kriteria
ketuntasan minimal 100%. (2) Hasil pengamatan aktivitas belajar siswa pada
siklus I dengan persentase 61,46%, sedangkan pada siklus II hasil pengamatan
aktivitas belajar siswa meningkat dengan persentase 84,38%. Simpulan akhir dari
penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa melalui model discovery
learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi turunan
fungsi trigonometri di kelas XI MIA 3 SMAN 106 Jakarta.
Kata kunci: model discovery learning, hasil belajar matematika siswa
|