Abstrak  Kembali
HERNIYAN REZITA. NIM 1101125027. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Materi Turunan Fungsi Trigonometri melalui Model Discovery Learning di Kelas XI MIA 3 Semester II Tahun Pelajaran 2014/2015 SMAN 106 Jakarta. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, Agustus 2015. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi turunan fungsi trigonometri melalui model discovery learning di kelas XI MIA 3 SMAN 106 Jakarta. Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai rata-rata kelas sebelum tindakan dan rendahnya aktivitas siswa pada saat proses pembelajaran matematika. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut: (1) Hasil belajar matematika siswa sebelum tindakan, nilai rata-rata kelas adalah 54 dengan persentase pencapaian kriteria ketuntasan minimal 5,56% dan hasil belajar matematika siswa siklus I, nilai rata-rata kelas menjadi 58 dengan persentase pencapaian kriteria ketuntasan minimal 13,89%, pada saat siklus II, nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 87 dengan persentase pencapaian kriteria ketuntasan minimal 100%. (2) Hasil pengamatan aktivitas belajar siswa pada siklus I dengan persentase 61,46%, sedangkan pada siklus II hasil pengamatan aktivitas belajar siswa meningkat dengan persentase 84,38%. Simpulan akhir dari penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa melalui model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi turunan fungsi trigonometri di kelas XI MIA 3 SMAN 106 Jakarta. Kata kunci: model discovery learning, hasil belajar matematika siswa