Abstrak  Kembali
NANIK HANDAYANI. NIM: 1001125120. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar melalui Model Problem Based Learning bagi Siswa Kelas VIII-i di SMP Negeri 2 Tambun Selatan Tahun Pelajaran 2013 / 2014. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof DR. HAMKA, Oktober 2014. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII-i di SMP Negeri 2 Tambun Selatan. Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai rata-rata hasil belajar matematika pada ujian akhir semester ganjil dengan nilai rata-rata 53,31 dengan presentase pencapaian KKM adalah 8%. Hipotesis tindakan yang diajukan dalam penelitian ini adalah “melalui model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi bangun ruang sisi datar bagi siswa kelas VIII-i di SMP Negeri 2 Tambun Selatan tahun pelajaran 2013/2014”. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut: (1) Pada hasil belajar matematika siswa siklus I nilai rata-rata kelas menjadi 71,00 dengan presentase pencapaian KKM 54% dan pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 80,42 dengan presentase pancapaian KKM 85%. (2) hasil pengamatan aktivitas siswa di kelas pada siklus I adalah 77,5% dan performa guru di kelas 79%. Pada siklus II hasil pengamatan aktivitas siswa di kelas menjadi 92,5% dan performa guru di kelas menjadi 93%. Simpulan akhir dari penelitian ini menunjukkan bahwa melalui pembelajaran dengan model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar kelas VIII-i di SMP Negeri 2 Tambun Selatan. Kata Kunci : Model problem based learning, hasil belajar siswa, bangun ruang sisi datar.