Abstrak  Kembali
Nurjanah. Pengaruh Pendekatan Problem Posing Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa di SMA Negeri 93 Jakarta. Skripsi. Jakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2015. Pendekatan problem posing merupakan salah satu pendekatan yang berbasis masalah dan memusatkan kegiatan pada siswa bukan pada guru. Dalam kegiatan pembelajarannya problem posing akan meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada aspek translation, interpretation dan extrapolation. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan adanya pengaruh pendekatan problem posing terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 93 Jakarta Timur pada semester 2 ajaran 2014-2015. Sampel penelitian ini seluruhnya berjumlah 68 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik probability sampling yaitu cluster sampling. Desain yang digunakan adalah quasi eksperimental t ipe posttest-only. Penelit ian ini menggunakan pendekatan problem posing dengan metode pembelajaran kooperatif. Setelah data berdistribusi normal dan homogen berdasarkan uj i normalitas dan uji homogenitas, dilanjutkan dengan hipotesis uji-t. Berdasarkan hasil perhitungan uji Liliefors diperoleh L0=0.1097, uji Fisher diperoleh Fhitung = 1.7426 dan hasil perhitungan uji-t didapat thitung > ttabel (1.707 > 1.669). Karena thitung = 1.707 > 1.669 = ttabel, maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak. Oleh karena itu pendekatan problem posing memberikan adanya pengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Dengan kata lain, kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas yang diajarkan melalui pendekatan problem posing lebih unggul dibandingkan dengan kelas yang tidak diajarkan menggunakan pendekatan problem posing. Kata kunci: pemahaman konsep, pendekatan, problem posing