Nurjanah. Pengaruh Pendekatan Problem Posing Terhadap Kemampuan
Pemahaman Konsep Matematis Siswa di SMA Negeri 93 Jakarta. Skripsi.
Jakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah
Prof. DR. HAMKA, 2015.
Pendekatan problem posing merupakan salah satu pendekatan yang berbasis
masalah dan memusatkan kegiatan pada siswa bukan pada guru. Dalam kegiatan
pembelajarannya problem posing akan meningkatkan kemampuan pemahaman
konsep matematis siswa pada aspek translation, interpretation dan extrapolation.
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan adanya pengaruh pendekatan problem
posing terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini
dilaksanakan di SMA Negeri 93 Jakarta Timur pada semester 2 ajaran 2014-2015.
Sampel penelitian ini seluruhnya berjumlah 68 siswa. Teknik sampling yang
digunakan adalah teknik probability sampling yaitu cluster sampling. Desain yang
digunakan adalah quasi eksperimental t ipe posttest-only. Penelit ian ini
menggunakan pendekatan problem posing dengan metode pembelajaran
kooperatif. Setelah data berdistribusi normal dan homogen berdasarkan uj i
normalitas dan uji homogenitas, dilanjutkan dengan hipotesis uji-t. Berdasarkan
hasil perhitungan uji Liliefors diperoleh L0=0.1097, uji Fisher diperoleh
Fhitung = 1.7426 dan hasil perhitungan uji-t didapat thitung > ttabel (1.707 > 1.669).
Karena thitung = 1.707 > 1.669 = ttabel, maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak.
Oleh karena itu pendekatan problem posing memberikan adanya pengaruh
terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Dengan kata lain,
kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas yang diajarkan melalui
pendekatan problem posing lebih unggul dibandingkan dengan kelas yang tidak
diajarkan menggunakan pendekatan problem posing.
Kata kunci: pemahaman konsep, pendekatan, problem posing
|