OKY ISRA PRAMANCA. NIM: 1101125133. Perbedaan Hasil Belajar
Matematika Siswa dengan Pembelajaran Berbasis Masalah dan Kooperatif
Student Teams Achievement Division di SMA Negeri 29 Jakarta. Skripsi. Jakarta:
Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,
Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2015.
Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya perbedaan hasil
belajar matematika siswa dengan pembelajaran berbasis masalah dan kooperatif
student teams achievement division. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini
adalah “Terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa dengan pembelajaran
berbasis masalah dan kooperatif student teams achievement division”. Penelitian
ini dilaksanakan di SMA Negeri 29 Jakarta pada semester genap tahun pelajaran
2014/2015. Sampel yang diteliti sebanyak 60 siswa yang terdiri dari 30 siswa
kelas eksperimen dan 30 siswa kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode
quasi experimental design. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen
penelitian berbentuk uraian sebanyak 8 butir soal yang diuji validitas dan
realibilitasnya. Uji normalitas dengan uji Lilliefors dan uji homogenitas dengan
uji Fisher. Uji normalitas untuk kelas eksperimen didapat 𝐿ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 = 0,092 <
0,161 = 𝐿𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 , dan 𝐿ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 = 0,104 < 0,161 = 𝐿𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 untuk kelas kontrol,
maka kedua sampel berdistribusi normal. Hasil perhitungan homogenitas
diperoleh 𝐹ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 = 1,297 < 1,861 = 𝐹𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 , maka populasi data tersebut
homogen. Uji hipotesis didapat 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 = 3,67 > 2,00 = 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 dengan taraf
signifikansi 𝛼 = 0,05. Hal ini berarti tolak 𝐻0, maka hasil penelitian ini
menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa dengan
pembelajaran berbasis masalah dan kooperatif student teams achievement
division.
Kata kunci: pembelajaran berbasis masalah, kooperatif student teams
achievement division dan hasil belajar matematika siswa.
|