Abstrak  Kembali
OKY ISRA PRAMANCA. NIM: 1101125133. Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Pembelajaran Berbasis Masalah dan Kooperatif Student Teams Achievement Division di SMA Negeri 29 Jakarta. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2015. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya perbedaan hasil belajar matematika siswa dengan pembelajaran berbasis masalah dan kooperatif student teams achievement division. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah “Terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa dengan pembelajaran berbasis masalah dan kooperatif student teams achievement division”. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 29 Jakarta pada semester genap tahun pelajaran 2014/2015. Sampel yang diteliti sebanyak 60 siswa yang terdiri dari 30 siswa kelas eksperimen dan 30 siswa kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode quasi experimental design. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian berbentuk uraian sebanyak 8 butir soal yang diuji validitas dan realibilitasnya. Uji normalitas dengan uji Lilliefors dan uji homogenitas dengan uji Fisher. Uji normalitas untuk kelas eksperimen didapat 𝐿ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 = 0,092 < 0,161 = 𝐿𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 , dan 𝐿ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 = 0,104 < 0,161 = 𝐿𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 untuk kelas kontrol, maka kedua sampel berdistribusi normal. Hasil perhitungan homogenitas diperoleh 𝐹ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 = 1,297 < 1,861 = 𝐹𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 , maka populasi data tersebut homogen. Uji hipotesis didapat 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 = 3,67 > 2,00 = 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 dengan taraf signifikansi 𝛼 = 0,05. Hal ini berarti tolak 𝐻0, maka hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa dengan pembelajaran berbasis masalah dan kooperatif student teams achievement division. Kata kunci: pembelajaran berbasis masalah, kooperatif student teams achievement division dan hasil belajar matematika siswa.