Abstrak  Kembali
AZIS MUFIDIN. NIM: 1001125030. Pengaruh Pembelajaran Dengan Metode Jigsaw Berbantu Alat Peraga Geoboard Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa di SMPN 247 Jakarta. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, Meret 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh pembelajaran dengan metode jigsaw berbantu alat peraga Geoboard terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah: “Terdapat pengaruh pembelajaran dengan metode jigsaw berbantu alat peraga geoboard terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa”. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 247 Jakarta kelas VII pada semester genap tahun pelajaran 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 247 Jakarta. Sampel diambil secara acak sederhana (Cluster Random Sampling) dengan mengambil sebanyak 62 siswa dari populasi. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran dengan metode jigsaw berbantu alat perga geoboard. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan komunikasi matematis siswa dalam bentuk uraian. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t sebesar 1,772 dengan signifikan pada 5%. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran dengan metode jigsaw berbantu alat peraga geoboard terhadap kemampuan komunikasi matematis . Kata kunci : Metode jigsaw, alat peraga geoboard , KemampuanKomuniksi Matematis.