AZIS MUFIDIN. NIM: 1001125030. Pengaruh Pembelajaran Dengan Metode Jigsaw
Berbantu Alat Peraga Geoboard Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa
di SMPN 247 Jakarta. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, Meret
2015.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh
pembelajaran dengan metode jigsaw berbantu alat peraga Geoboard terhadap
kemampuan komunikasi matematis siswa. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini
adalah: “Terdapat pengaruh pembelajaran dengan metode jigsaw berbantu alat peraga
geoboard terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa”. Penelitian ini
dilaksanakan di SMPN 247 Jakarta kelas VII pada semester genap tahun pelajaran
2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 247
Jakarta. Sampel diambil secara acak sederhana (Cluster Random Sampling) dengan
mengambil sebanyak 62 siswa dari populasi. Model pembelajaran yang digunakan
dalam penelitian ini adalah model pembelajaran dengan metode jigsaw berbantu alat
perga geoboard. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan
komunikasi matematis siswa dalam bentuk uraian. Pengujian hipotesis menggunakan
uji-t sebesar 1,772 dengan signifikan pada 5%. Dapat disimpulkan bahwa terdapat
pengaruh pembelajaran dengan metode jigsaw berbantu alat peraga geoboard terhadap
kemampuan komunikasi matematis .
Kata kunci : Metode jigsaw, alat peraga geoboard , KemampuanKomuniksi Matematis.
|