Abstrak  Kembali
ASMIN. NIM: 1001125024. Pengaruh Metode Pembelajaran Teams Games Tournament Berbasis Worksheet Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMPN 104 Jakarta. Skripsi: Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, April 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh metode pembelajaran TGT terhadap hasil belajar matematika siswa. worksheet yang digunakan adalah materi singkat, tujuan pembelajaran, dan pendoman pembelajaran yang membantu siswa mengerjakan soal-soal yang sedang dikerjakan kelompok. Hipotesis penelitian ini adalah : “Terdapat pengaruh metode pembelajaran TGT berbasis worksheet terhadap hasil belajar matematika siswa”. Penelitian ini dilaksanakan SMPN 104 Jakarta kelas VII pada semester genap tahun pelajaran 2013/2014. Tehnik dipilah secara Cluster Random Sampling, populasi yang diteliti seluruh siswa kelas VII, sampel sebanyak 70 siswa yang terdiri dari 35 siswa kelas eksperimen dan 35 siswa kelas kontrol. Uji validitas instrumen dengan rumus Preason Product Moment didapat 6 soal yang valid dari 10 soal yang diuji. Sedangkan uji reliabilitas dengan rumus Alpha diperoleh rhitung = 0,729 > 0,339 = rtabel, maka dapat disimpulkan bahwa uji coba instrumen tersebut reliabel dan layak digunakan sebagai instrumen penelitian. Sebelum data dianalisis, dilakuakan uji persyaratan yaitu uji normalitas menggunakan uji Lilliefors dan uji homogenitas menggunakan uji Fisher. Pada kelas eksperimen penguji normalitas didapat Lhitung = 0,080 < 0,150 = Ltabel dan kelas kontrol Lhitung = 0,099 < 0,150 = Ltabel dengan taraf signifikasi α = 0,05 dan n = 35, maka disimpulkan data kedua kelas berdistribusi normal. Uji homogenitas di peroleh Ftabel = F0,05(34,34) = 1,776 karena Fhitung = 1,101 < 1,776 = Ftabel dapat disimpulkan kedua kelas tersebuat homogen. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t dengan taraf signifikasi 0,05 diperoleh thitung = 1,918 > 1,669 = ttabel. Maka H0 diterima sehingga dapat simpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament berbasis worksheet terhadap hasil belajar matematika siswa. Berdasarkan perhitungan menggunakan Effect Size diperoleh pengaruh sebesar 0,474 atau 4,74 % dalam kriteria sedang. Sehingga terbukti bahwa model pembelajaran Teams Games Tournament berbasis worksheet terhadap hasil belajar matematika kelas VII SMP Negeri 104 Jakarta. Kata Kunci: Model Teams Games Tourmanent, dan Hasil Belajar Matematika Siswa