DIAN OKTAPRIYANTI, NIM : 1001125043. Penigkatan Hasil Belajar Matematika
Siswa Melalui Model Problem Based Learning Bagi Siswa Kelas VII-1 SMPN 5
Tambun Selatan Semester Genap Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi. Jakarta:
Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
University Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, Oktober 2014.
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar
matematika siswa kelas VII-1 SMPN 5 Tambun Selatan. Latar belakang dari PTK ini
adalah rendahnya hasil belajar matematika pada tahun pelajaran 2011/2012 dan
2012/2013. PTK ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus dilakukan setiap empat
pertemuandimulai dengan tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan model PBL,
pengamatan, dan refleksi. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi
dan angket. Analisis data dilakukan dengan membandingkan antara siklus I dan siklus II
dengan teknik deskriptif. Sedangkan untuk mengukur hasil belajar siswa menggunakan
sistem rata-rata kelas pada hasil evaluasi tiap siklus.
Hasil penelitian menggunakan hasil belajar dan aktifitas belajar siswa kelas VII-1
SMPN 5 Tambun Selatan mengalami peningkatan, hal ini ditunjukan dari : (1)
Berdasarkan hasil observasi aktifitas siswa diperoleh informasi bahwa adanya
peningkatan dalam aktifitas belajar menurut tin peneliti dari 70% menjadi 75%, dan
menurut pengamat dari 75% menjadi 85%. (2) Berdasarkan hasil observasi aktifitas
siswa diperoleh informasi bahwa adanya peningkatan dalam aktifitas belajar menurut
tim peneliti dari 70,2% menjadi 83,1%, dan menurut pengamat dari 82,11% menjadi
85,71%.
Kata kunci : problem based learning, hasil belajar, aktifitas siswa.
|