Abstrak  Kembali
DIAN OKTAPRIYANTI, NIM : 1001125043. Penigkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Model Problem Based Learning Bagi Siswa Kelas VII-1 SMPN 5 Tambun Selatan Semester Genap Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan University Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, Oktober 2014. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII-1 SMPN 5 Tambun Selatan. Latar belakang dari PTK ini adalah rendahnya hasil belajar matematika pada tahun pelajaran 2011/2012 dan 2012/2013. PTK ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus dilakukan setiap empat pertemuandimulai dengan tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan model PBL, pengamatan, dan refleksi. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan angket. Analisis data dilakukan dengan membandingkan antara siklus I dan siklus II dengan teknik deskriptif. Sedangkan untuk mengukur hasil belajar siswa menggunakan sistem rata-rata kelas pada hasil evaluasi tiap siklus. Hasil penelitian menggunakan hasil belajar dan aktifitas belajar siswa kelas VII-1 SMPN 5 Tambun Selatan mengalami peningkatan, hal ini ditunjukan dari : (1) Berdasarkan hasil observasi aktifitas siswa diperoleh informasi bahwa adanya peningkatan dalam aktifitas belajar menurut tin peneliti dari 70% menjadi 75%, dan menurut pengamat dari 75% menjadi 85%. (2) Berdasarkan hasil observasi aktifitas siswa diperoleh informasi bahwa adanya peningkatan dalam aktifitas belajar menurut tim peneliti dari 70,2% menjadi 83,1%, dan menurut pengamat dari 82,11% menjadi 85,71%. Kata kunci : problem based learning, hasil belajar, aktifitas siswa.