Mega Puspita Dewi. NIM: 1101125122. Penggunaan Tes Formatif Bentuk Uraian Bebas untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Siswa Kelas VIII-4 Semester Genap SMP Negeri 206 Jakarta Tahun Pelajaran 2014-2015. Skripsi. Jakarta: Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, Agustus 2015.
Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pencapaian KKM sebelum tindakan. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII-4 SMP Negeri 206 Jakarta tahun pelajaran 2014-2015. Hipotesis tindakan yang diajukan dalam penelitian ini adalah “melalui penggunaan tes formatif uraian bebas dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII-4 pada materi bangun ruang sisi datar semester genap SMP Negeri 206 Jakarta”. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat diperoleh hasil belajar sebagai berikut: (1) pada hasil belajar matematika sebelum tindakan yang diperoleh dari hasil ulangan semester ganjil nilai rata-rata kelas 68,94 dan pada siklus I menjadi 76,18 pada siklus II menjadi 82,14. Presentase pencapaian KKM sebelum tindakan 25,00% pada siklus I meningkat menjadi 62,50% dan pada siklus II meningkat menjadi 88,69%. (2) hasil pengamatan aktifitas siswa di kelas meningkat dari 70,00% menjadi 81,11%, hasil pengamatan performa guru meningkat dari 76,04 menjadi 82,08%. Simpulan akhir dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan tes formatif bentuk uraian bebas dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII-4 semester genap SMP Negeri 206 Jakarta tahun pelajaran 2014-2015.
Kata Kunci: Tes Formatif Bentuk Uraian Bebas, hasil belajar matematika siswa
|