Abstrak  Kembali
SARIFATUL ADWIYAH. NIM : 1101125142. Pengaruh Strategi REACT (Relating Experiencing Applying Cooperating Transferring) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematik Peserta Didik SMP Negeri 4 Bekasi. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, Agustus 2015. Rendahnya kemampuan komunikasi matematik disebabkan oleh strategi pembelajaran yang kurang tepat. Salah satu cara yang dapat dilakukan guru dalam membangun kemampuan komunikasi matematik peserta didik adalah dengan menerapkan strategi pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menemukan serta mengembangkan pengetahuannya sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh strategi REACT terhadap kemampuan kemampuan komunikasi matematik peserta didik. Hipotesis statistik yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh strategi REACT terhadap kemampuan komunikasi matematik peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 4 Bekasi kelas VII semester genap tahun pelajaran 2014/2015 dengan sampel sebanyak 40 orang kelas eksperimen, dan 40 orang kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan Quasi Experimental. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster sampling. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan komunikasi matematik berbentuk uraian. Uji instrumen kemampuan komunikasi matematik meliputi uji validitas, reliabilitas, dan tingkat kesukaran. Uji validitas diperoleh 8 butir soal valid dan 3 butir soal tidak valid. Uji persyaratan yaitu uji normalitas menggunakan uji Lilliefors, dan uji homogenitas menggunakan uji Fisher. Analisis data skor kemampuan komunikasi matematik menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi 5% , diperoleh thitung = 1,988 > 1,664 = ttabel yang berarti H0 ditolak. Simpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh strategi REACT terhadap kemampuan komunikasi matematik peserta didik. Kata kunci: Strategi, REACT, kemampuan komunikasi matematik.