SARIFATUL ADWIYAH. NIM : 1101125142. Pengaruh Strategi REACT
(Relating Experiencing Applying Cooperating Transferring) terhadap
Kemampuan Komunikasi Matematik Peserta Didik SMP Negeri 4 Bekasi. Skripsi.
Jakarta: Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, Agustus 2015.
Rendahnya kemampuan komunikasi matematik disebabkan oleh strategi
pembelajaran yang kurang tepat. Salah satu cara yang dapat dilakukan guru dalam
membangun kemampuan komunikasi matematik peserta didik adalah dengan
menerapkan strategi pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada peserta
didik untuk menemukan serta mengembangkan pengetahuannya sendiri.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh strategi
REACT terhadap kemampuan kemampuan komunikasi matematik peserta didik.
Hipotesis statistik yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh
strategi REACT terhadap kemampuan komunikasi matematik peserta didik.
Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 4 Bekasi kelas VII semester genap tahun
pelajaran 2014/2015 dengan sampel sebanyak 40 orang kelas eksperimen, dan 40
orang kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan Quasi Experimental. Teknik
pengambilan sampel menggunakan cluster sampling. Instrumen yang digunakan
berupa tes kemampuan komunikasi matematik berbentuk uraian. Uji instrumen
kemampuan komunikasi matematik meliputi uji validitas, reliabilitas, dan tingkat
kesukaran. Uji validitas diperoleh 8 butir soal valid dan 3 butir soal tidak valid.
Uji persyaratan yaitu uji normalitas menggunakan uji Lilliefors, dan uji
homogenitas menggunakan uji Fisher. Analisis data skor kemampuan komunikasi
matematik menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi 5% , diperoleh thitung =
1,988 > 1,664 = ttabel yang berarti H0 ditolak. Simpulan penelitian ini adalah
terdapat pengaruh strategi REACT terhadap kemampuan komunikasi matematik
peserta didik.
Kata kunci: Strategi, REACT, kemampuan komunikasi matematik.
|