Abstrak  Kembali
SARININGTYAS DWI UTAMI. Pengaruh Penerapan Strategi REACT Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik di SMP Negeri 4 Cibinong. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2015. Rendahnya kemampuan pemahaman konsep dapat disebabkan oleh cara guru dalam menyampaikan materi. Salah satu cara yang dapat dilakukan guru dalam menyampaikan materi untuk membangun kemampuan pemahaman konsep matematis yakni dengan menerapkan strategi pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menemukan serta mengembangkan pengetahuannya sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh strategi REACT terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Hipotesis yang diajukan adalah terdapat pengaruh penerapan strategi REACT terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 4 Cibinong di kelas VIII pada semester genap tahun pelajaran 2014/2015. Sampel yang diteliti sebanyak 34 peserta didik pada kelas eksperimen dan 32 peserta didik pada kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode quasi-experimental design. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan pemahaman konsep matematis yang sebelumnya diuji validitas dan reliabilitasnya. Dari uji validitas diperoleh 8 butir soal valid dan 2 butir soal yang tidak valid, dan instrumen tersebut reliabel. Dari uji prasyarat analisis diperoleh data normal dan homogen. Analisis data skor kemampuan pemahaman konsep matematis menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi 5% dan diperoleh 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 = 3,054 > 1,669 = 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 yang berarti 𝐻0 ditolak. Kesimpulannya terdapat pengaruh penerapan strategi REACT terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Kata kunci : strategi pembelajaran, REACT, kemampuan pemahaman konsep matematis.