SARININGTYAS DWI UTAMI. Pengaruh Penerapan Strategi REACT
Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik di SMP
Negeri 4 Cibinong. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Matematika,
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR.
HAMKA, 2015.
Rendahnya kemampuan pemahaman konsep dapat disebabkan oleh cara guru
dalam menyampaikan materi. Salah satu cara yang dapat dilakukan guru dalam
menyampaikan materi untuk membangun kemampuan pemahaman konsep
matematis yakni dengan menerapkan strategi pembelajaran yang memberikan
kesempatan kepada peserta didik untuk menemukan serta mengembangkan
pengetahuannya sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau
tidaknya pengaruh strategi REACT terhadap kemampuan pemahaman konsep
matematis peserta didik. Hipotesis yang diajukan adalah terdapat pengaruh
penerapan strategi REACT terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis
peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 4 Cibinong di kelas VIII
pada semester genap tahun pelajaran 2014/2015. Sampel yang diteliti sebanyak 34
peserta didik pada kelas eksperimen dan 32 peserta didik pada kelas kontrol.
Penelitian ini menggunakan metode quasi-experimental design. Teknik
pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Instrumen yang
digunakan berupa tes kemampuan pemahaman konsep matematis yang
sebelumnya diuji validitas dan reliabilitasnya. Dari uji validitas diperoleh 8 butir
soal valid dan 2 butir soal yang tidak valid, dan instrumen tersebut reliabel. Dari
uji prasyarat analisis diperoleh data normal dan homogen. Analisis data skor
kemampuan pemahaman konsep matematis menggunakan uji-t dengan taraf
signifikansi 5% dan diperoleh 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 = 3,054 > 1,669 = 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 yang berarti 𝐻0
ditolak. Kesimpulannya terdapat pengaruh penerapan strategi REACT terhadap
kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik.
Kata kunci : strategi pembelajaran, REACT, kemampuan pemahaman konsep
matematis.
|