Abstrak  Kembali
NURUL FITRIAH. NIM : 1101125131. Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa Dengan Menggunakan Metode Discovery Learning dan Metode Numbered Heads Together (NHT) di MAN Tigaraksa Tangerang. Skripsi : Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, Maret 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya perbedaan hasil belajar matematika siswa dengan metode Discovery Learning dan metode Numbered Heads Together (NHT). Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah “Terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa dengan metode Discovery Learning dan metode Numbered Heads Together (NHT)”. Penelitian ini dilaksanakan di MAN Tigaraksa Tangerang, kelas X pada semester ganjil tahun pelajaran 2014-2015. Sampel yang diteliti sebanyak 64 siswa yang terdiri dari 32 siswa kelas eksperimen dan 32 siswa kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan quasi experimental design. Variabel bebas: metode discovery learning dan metode number heads together (NHT). Variabel terikat: hasil belajar matematika siswa. Sebelum instrumen digunakan,diuji dengan uji validitas dan reliabilitas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar matematika siswa dalam bentuk tes essay. Instrumen diuji validitasnya dengan menggunakan rumus Korelasi Product moment sebanyak 30 siswa, dan dari hasil uji coba diperoleh 12 soal yang valid dari 13 soal. Soal yang sudah valid kemudian diuji reliabilitasnya dengan menggunakan rumus Alpha dan diperoleh r11 = 0,636 > 0,367 = rtabel, sehingga instrumen penelitian ini reliabel dan layak digunakan. Sebelum data dianalisis, terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan uji Liliefors dan uji homogenitas dengan menggunakan uji Fisher. Uji normalitas untuk kelas eksperimen didapat Lhitung = 0,089 < 0,157 = L(0,05;32), sedangkan kelas kontrol didapat Lhitung = 0,111 < 0,157 L(0,05;32), maka dapat disimpulkan bahwa kedua sampel berdistribusi normal. Hasil perhitungan homogenitas diperoleh Fhitung = 1,74 < 1,84 = F(0,05;32:32), hal ini berarti populasi dua data tersebut berasal dari populasi yang homogen. Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t didapat thitung = 7,390 > 1,999 = t(0,05;62). Hal ini berarti tolak H0 atau terima H1. Maka hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa dengan metode Discovery Learning dan metode Numbered Heads Together (NHT). Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika Siswa, Discovery Learning, Number Head Together