Abstrak  Kembali
OCTAVIANA SHINTA DEWI. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share ( TPS) Berbantuan Domino Matematika Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa di SMP Negeri 4 Cibinong. Skripsi. Jakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) berbantuan domino matematika terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 4 Cibinong pada semester 2 tahun ajaran 2014/2015. Sampel yang diteliti sebanyak 64 siswa yang terdiri 31 siswa kelas eksperimen dan 33 siswa kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Experimental. Variabel bebas: model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) berbantuan domino matematika. Variabel terikat: kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Uji instrumen dengan uji validitas dan reliabilitas. Uji validitas dengan menggunakan rumus korelasi Pearson Product Moment diperoleh 8 soal valid dan 1 soal tidak valid. Hasil dari uji reliabilitas adalah soal tersebut adalah reliabel. Uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan uji Liliefors dan uji homogenitas dengan uji Fisher. Setelah diberi perlakuan, kemudian data dianalisis dan didapat hasil untuk kelas eksperimen dan kontrol adalah berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitas didapat dari varians yang homogen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji-t dengan taraf signifikan 5% dan didapat 6,12 > 1,67 atau 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 > 𝑡𝑘𝑟𝑖𝑡𝑖𝑠 , yang berarti tolak 𝐻0, jadi hal ini berarti bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) berbantuan domino matematika terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Kata kunci : Think Pair Share, Domino Matematika, Pemahaman Konsep Matematika.