OCTAVIANA SHINTA DEWI. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran
Kooperatif Tipe Think Pair Share ( TPS) Berbantuan Domino Matematika
Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa di SMP Negeri 4
Cibinong. Skripsi. Jakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan,
Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) berbantuan domino matematika terhadap
kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Penelitian ini dilaksanakan di
SMP Negeri 4 Cibinong pada semester 2 tahun ajaran 2014/2015. Sampel yang
diteliti sebanyak 64 siswa yang terdiri 31 siswa kelas eksperimen dan 33 siswa
kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Experimental. Variabel
bebas: model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) berbantuan
domino matematika. Variabel terikat: kemampuan pemahaman konsep
matematika siswa. Uji instrumen dengan uji validitas dan reliabilitas. Uji validitas
dengan menggunakan rumus korelasi Pearson Product Moment diperoleh 8 soal
valid dan 1 soal tidak valid. Hasil dari uji reliabilitas adalah soal tersebut adalah
reliabel. Uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan uji Liliefors dan uji
homogenitas dengan uji Fisher. Setelah diberi perlakuan, kemudian data dianalisis
dan didapat hasil untuk kelas eksperimen dan kontrol adalah berdistribusi normal.
Sedangkan uji homogenitas didapat dari varians yang homogen. Pengujian
hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji-t dengan taraf signifikan 5% dan
didapat 6,12 > 1,67 atau 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 > 𝑡𝑘𝑟𝑖𝑡𝑖𝑠 , yang berarti tolak 𝐻0, jadi hal ini berarti
bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think
Pair Share (TPS) berbantuan domino matematika terhadap kemampuan
pemahaman konsep matematika siswa.
Kata kunci : Think Pair Share, Domino Matematika, Pemahaman Konsep
Matematika.
|