Abstrak  Kembali
FENNY KATMAWANTI. NIM: 1101125020. Pengaruh Pendekatan Problem Based Learning terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa di SMA Negeri 1 Citeureup. Skripsi. Jakarta: Program Studi PendidikanMatematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas MuhammadiyahProf. DR. HAMKA, Agustus 2015. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh pendekatan problem based learning terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah: “Terdapat pengaruh pendekatan problem based learning terhadap kemampuan penalaran matematis siswa”. Penelitianini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Citeureup di kelas X pada semester genap tahun pelajaran 2014/2015. Sampel yang diteliti sebanyak 74 siswa yang terdiri dari 38 siswakelas eksperimen dan 36 siswa kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperimental tipe the posttest only design with nonequivalent groups. Variabel bebas: pendekatan problem based learning. Variabel terikat: kemampuan penalaran matematis siswa. Uji instrumen dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Uji Validitas dengan rumus korelasi Product Moment diperoleh 12 soal valid dan yang tidak valid 2 soal. Uji reliabilitas dengan rumus Alpha diperoleh hasil bahwa soal tersebut reliabel. Sebelum dilakukan penelitian terlebih dahulu melihat nilai UTS siswa, guna mengetahui normalitas dan homogenitas antara kedua kelas. Untuk uji normalitas menggunakan rumus Lilliefors dan uji homogenitas menggunakan uji Fisher. Setelah diberi perlakuan, kemudian data dianalisis dan didapat hasil untuk kelas eksperimen dan kontrol adalah berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitas didapat varians yang homogen. Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi 5% dan didapat 2,655>1,668 atau thitung>ttabel yang berarti tolak H0, jadi hal ini berarti terdapat pengaruh pendekatan problem based learning terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Kata kunci: problem based learning, kemampuan penalaran matematis.