FENNY KATMAWANTI. NIM: 1101125020. Pengaruh Pendekatan Problem
Based Learning terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa di SMA
Negeri 1 Citeureup. Skripsi. Jakarta: Program Studi PendidikanMatematika,
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas MuhammadiyahProf. DR.
HAMKA, Agustus 2015.
Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh
pendekatan problem based learning terhadap kemampuan penalaran matematis
siswa. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah: “Terdapat pengaruh
pendekatan problem based learning terhadap kemampuan penalaran matematis
siswa”. Penelitianini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Citeureup di kelas X pada
semester genap tahun pelajaran 2014/2015. Sampel yang diteliti sebanyak 74
siswa yang terdiri dari 38 siswakelas eksperimen dan 36 siswa kelas kontrol.
Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperimental tipe the posttest only
design with nonequivalent groups. Variabel bebas: pendekatan problem based
learning. Variabel terikat: kemampuan penalaran matematis siswa. Uji instrumen
dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Uji Validitas dengan rumus korelasi
Product Moment diperoleh 12 soal valid dan yang tidak valid 2 soal. Uji
reliabilitas dengan rumus Alpha diperoleh hasil bahwa soal tersebut reliabel.
Sebelum dilakukan penelitian terlebih dahulu melihat nilai UTS siswa, guna
mengetahui normalitas dan homogenitas antara kedua kelas. Untuk uji normalitas
menggunakan rumus Lilliefors dan uji homogenitas menggunakan uji Fisher.
Setelah diberi perlakuan, kemudian data dianalisis dan didapat hasil untuk kelas
eksperimen dan kontrol adalah berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitas
didapat varians yang homogen. Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan uji-t
dengan taraf signifikansi 5% dan didapat 2,655>1,668 atau thitung>ttabel yang berarti
tolak H0, jadi hal ini berarti terdapat pengaruh pendekatan problem based learning
terhadap kemampuan penalaran matematis siswa.
Kata kunci: problem based learning, kemampuan penalaran matematis.
|