Lely Fitriana. Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME)
Terhadap Kemampuan Berpikir Logis Matematik Siswa di SMP Negeri 33 Bekasi.
Skripsi. Jakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas
Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh
pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap kemampuan
berpikir logis matematik siswa. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini
adalah “Terdapat pengaruh pendekatan Realistic Mathematics Education (RME)
terhadap kemampuan berpikir logis matematik siswa”. Penelitian dilaksanakan di
SMP Negeri 33 Bekasi kelas VIII semester 2 tahun ajaran 2014/2015 pada pokok
bahasan kubus dan balok. Sampel yang diteliti berjumlah 84 siswa terdiri dari 42
siswa kelas eksperimen dan 42 siswa kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan
metode quasi eksperimen tipe nonequivalent control group posttest only.
Persyaratan analisis dilakukan untuk menguji apakah data berdistribusi normal
dan homogen. Uji normalitas menunjukkan bahwa sampel berdistribusi normal,
sedangkan uji homogenitas didapat varians yang homogen. Hasil penelitian
menunjukkan terdapat pengaruh pendekatan RME terhadap kemampuan berpikir
logis matematik siswa.
Kata kunci : Pendekatan RME, Kemampuan berpikir logis matematik
|