Abstrak  Kembali
Lely Fitriana. Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Berpikir Logis Matematik Siswa di SMP Negeri 33 Bekasi. Skripsi. Jakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap kemampuan berpikir logis matematik siswa. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah “Terdapat pengaruh pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap kemampuan berpikir logis matematik siswa”. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 33 Bekasi kelas VIII semester 2 tahun ajaran 2014/2015 pada pokok bahasan kubus dan balok. Sampel yang diteliti berjumlah 84 siswa terdiri dari 42 siswa kelas eksperimen dan 42 siswa kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen tipe nonequivalent control group posttest only. Persyaratan analisis dilakukan untuk menguji apakah data berdistribusi normal dan homogen. Uji normalitas menunjukkan bahwa sampel berdistribusi normal, sedangkan uji homogenitas didapat varians yang homogen. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh pendekatan RME terhadap kemampuan berpikir logis matematik siswa. Kata kunci : Pendekatan RME, Kemampuan berpikir logis matematik