NIA PERMATASARI. NIM : 1101125126. Perbedaan Kemampuan Pemecahan
Masalah Matematis Siswa dengan Model Means-Ends Analysis dan Model
Problem-Based Learning di SMPN 4 Tambun Selatan. Skripsi. Jakarta : Program
Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,
Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan kemampuan pemecahan
masalah matematis siswa dengan model means-ends analysis dan model problembased
learning. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan
masalah matematis. Pokok bahasan yang diajarkan bangun ruang sisi datar dan tes
berbentuk uraian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII
SMP Negeri 4 Tambun Selatan. Penelitian ini menggunakan quasi eksperiment.
Variabel bebas: model means-ends analysis dan model problem-based learning.
Variabel terikat: kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Uji instrumen
dengan uji validitas,uji reliabilitas, daya pembeda dan taraf kesukaran. Uji
validitas instrumen diperoleh 6 soal valid dan 2 soal tidak valid. Uji persyaratan
yaitu uji normalitas data dengan uji Lilliefors serta uji homogenitas dengan uji
Fisher. Penelitian ini didapat hitung t sebesar 5,469 dengan taraf signifikansi
0,05 . Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan
kemampuan pemecahan masalah matematis siswa menggunakan model meansends
analysis dengan model problem-based learning.
Kata Kunci: Means-Ends Analysis, Problem-Based Learning, Kemampuan
Pemecahan Masalah Matematis
|