Abstrak  Kembali
NIA PERMATASARI. NIM : 1101125126. Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dengan Model Means-Ends Analysis dan Model Problem-Based Learning di SMPN 4 Tambun Selatan. Skripsi. Jakarta : Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2015. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan model means-ends analysis dan model problembased learning. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Pokok bahasan yang diajarkan bangun ruang sisi datar dan tes berbentuk uraian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Tambun Selatan. Penelitian ini menggunakan quasi eksperiment. Variabel bebas: model means-ends analysis dan model problem-based learning. Variabel terikat: kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Uji instrumen dengan uji validitas,uji reliabilitas, daya pembeda dan taraf kesukaran. Uji validitas instrumen diperoleh 6 soal valid dan 2 soal tidak valid. Uji persyaratan yaitu uji normalitas data dengan uji Lilliefors serta uji homogenitas dengan uji Fisher. Penelitian ini didapat hitung t sebesar 5,469 dengan taraf signifikansi   0,05 . Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa menggunakan model meansends analysis dengan model problem-based learning. Kata Kunci: Means-Ends Analysis, Problem-Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis