IMAM FIRDAUS. NIM : 1001125080. Pengaruh Model Pembelajaran
Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantuan Alat Peraga Terhadap Kemampuan Berpikir
Kreatif Matematis Siswa SMPN 1 Parungpanjang Bogor. Skripsi. Jakarta:
Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,
Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, Februari 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh
model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berbantuan alat peraga terhadap
kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP Negeri 1 Parungpanjang-
Bogor. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah “Terdapat pengaruh
model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berbantuan alat peraga terhadap
kemampuan berpikir kreatif matematis siswa”. Penelitian ini dilaksanakan di SMP
Negeri 1 Parungpanjang-Bogor, kelas VII pada semester genap tahun pelajaran
2013-2014. Dalam penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperiment
dengan mengambil sampel sebanyak 79 siswa yang terdiri dari 39 siswa kelas
eksperimen dan 40 siswa kelas kontrol. Hasil uji coba validitas diperoleh 8 butir
soal valid dan 2 butir soal invalid dari 10 soal. Pengujian hipotesis dengan
menggunakan uji t didapat thitung = 2,136 > 1,667 = tkritis. Hal ini berarti tolak H0
atau terima H1. Maka hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh
model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berbantuan alat peraga terhadap
kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP Negeri 1 Parungpanjang
Bogor.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Kemampuan Berpikir
Kreatif
|