Abstrak  Kembali
IMAM FIRDAUS. NIM : 1001125080. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantuan Alat Peraga Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMPN 1 Parungpanjang Bogor. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, Februari 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berbantuan alat peraga terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP Negeri 1 Parungpanjang- Bogor. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah “Terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berbantuan alat peraga terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa”. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Parungpanjang-Bogor, kelas VII pada semester genap tahun pelajaran 2013-2014. Dalam penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperiment dengan mengambil sampel sebanyak 79 siswa yang terdiri dari 39 siswa kelas eksperimen dan 40 siswa kelas kontrol. Hasil uji coba validitas diperoleh 8 butir soal valid dan 2 butir soal invalid dari 10 soal. Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t didapat thitung = 2,136 > 1,667 = tkritis. Hal ini berarti tolak H0 atau terima H1. Maka hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berbantuan alat peraga terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP Negeri 1 Parungpanjang Bogor. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Kemampuan Berpikir Kreatif