Abstrak  Kembali
SEPTIAN NURCAHYO. NIM : 1001125166. Pengaruh Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions Berbantuan Alat Peraga Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Skripsi: Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, November 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh kemampuan pemahaman konsep matematis siswa menggunakan model pembelajaran student teams achievement divisions berbantuan alat peraga. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah “Terdapat pengaruh kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran student teams achievement divisions berbantuan alat peraga”. Penelitian ini dilaksanakan di MTs. Al-Hidayah Tangerang, Sangiang Jaya, kelas VII pada semester genap tahun pelajaran 2013-2014. Sampel yang diteliti sebanyak 62 siswa yang terdiri dari 31 siswa kelas eksperimen dan 31 siswa kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dalam bentuk tes essay. Instrumen diuji validitasnya dengan menggunakan rumus Korelasi Product moment terhadap 30 siswa dari hasil uji coba diperoleh 9 soal yang valid dari 12 soal. Soal yang sudah valid kemudian diuji reliabilitasnya dengan menggunakan rumus Alpha dan diperoleh 𝑟11=0,761>0,361=𝑟𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙, sehingga instrumen penelitian ini reliabel dan layak digunakan. Sebelum analisis data, terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan uji Lilliefors dan uji homogenitas dengan menggunakan uji Fisher. Uji normalitas untuk kelas eksperimen didapat 𝐿𝑕𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔=0,110<0,159= 𝐿𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙, sedangkan kelas kontrol didapat 𝐿𝑕𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔=0,085<0,159= 𝐿𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙), maka dapat disimpulkan bahwa kedua sampel berdistribusi normal. Hasil perhitungan homogenitas diperoleh 𝐹𝑕𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔=1,059<1,841=𝐹𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙, hal ini berarti populasi dua data tersebut berasal dari populasi yang homogen. Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t didapat 𝑡𝑕𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔=2,054>1,671=𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 dengan taraf signifikansi 𝛼 = 0,05. Hal ini berarti tolak 𝐻0. Besar pengaruh sebesar 51,4% (kriteria sedang). Maka hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran student teams achievement divisions berbantuan alat peraga. Kata kunci : student teams achievement divisions, alat peraga, kemamapuan pemahaman konsep matematis siswa.