Abstrak  Kembali
CUT NURLIA APRILNA. 1101125098. Penggunaan Model Problem Based Learning dengan Bantuan Software Geogebra untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X MIA 1 Di SMA Negeri 10 Jakarta. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR HAMKA. April. 2015 Berdasarkan hasil nilai UAS matematika semester ganjil pada kelas X MIA I di SMA Negeri 10 Jakarta dari 33 siswa yang mengikuti ulangan hanya 5 siswa yang mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Oleh karena itu peneliti melakukan penelitian tindakan kelas di kelas tersebut. Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi persamaan dan fungsi kuadrat melalui model problem based learning dengan bantuan software geogebra pada siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 10 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Taggart melalui empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 10 Jakarta tahun pelajaran 2014-2015 yang berjumlah 33 siswa, terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 22 siswa perempuan. Indikator keberhasilan nilai rata-rata kelas dalam melakukan evaluasi sebesar 75,00 dan 70% dari 33 siswa kelas X MIA 1 mendapatkan nilai lebih dari 75,00. Kriteria ketuntasan minimal dari mata pelajaran matematika adalah 75,00. Berdasarkan hasil pengamatan awal sebelum tindakan rata-rata hasil belajar matematika siswa sebesar 55,70 dengan persentase pencapaian KKM 15,15%. Tes evaluasi pada penelitian siklus pertama diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 68,15 dengan persentase pencapaian kriteria ketuntasan minimal 36,36%. Pada penelitian siklus kedua diperolah nilai rata-rata kelas sebesar 78,79 dengan persentase pencapaian kriteria ketuntasan minimal 72,73%. Dapat disimpulkan bahwa menggunakan model problem based learning dengan bantuan software geogebra dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi persamaan dan fungsi kuadrat di kelas X MIA 1 SMA Negeri 10 Jakarta. Kata Kunci : Model Problem Based Learning dengan Bantuan Software Geogebra, PTK, Hasil Belajar Matematika Siswa.