Abstrak  Kembali
Tati Arifah Nurdin. NIM. 1101045306.Perbedaan Media Ular Tangga dengan Pop Up terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN Jatibening I Kota Bekasi. Skripsi. Jakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2015. Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui ada tidaknya perbedaan penggunaan Media Pembelajaran Ular Tangga dan Pop Up terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Jatibening I Kota Bekasi pada semester 2 tahun ajaran 2014-2015. Populasi penelitian ini berjumlah 60 orang siswa yang seluruhnya diteliti. Teknik pengambilan sampel berupa smpel acak, pemilahan kelas penelitian menggunakan cara pengambilan nomor anggota sampel. Dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan desain penelitian yang digunakan adalah desain quasi experiment. Sebelum instrumen penelitian dipergunakan dalam penelitian, terlebih dahulu dilakukan uji coba instrumen dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Dalam pengujian validitas menggunakan rumus Korelasi Poin Biserial dari jumlah soal 40 didapatkan 31 soal yang valid dan 9 soal yang tidak valid. Sedangkan dalam pengujian reliabilitas menggunakan rumus KR-20 dan didapatkan nilai rhitung > rtabel ( 0,88 > 0,36 ), maka instrumen disimpulkan reliabel. Selanjutnya dilakukan perhitungan uji homogenitas dengan menggunakan uji fisher. Pengujian hipotesis didapat Fhitung ≤ Ftabel pada taraf signifikansi = 0,05, derajat kebebasan (dk) pembilang 29 dan derajat kebebasan (dk) penyebut 29. Sehingga didapat Fhitung = 1,409 sedangkan Ftabel = 1,861. Maka dapat disimpulkan bahwa Fhitung ≤ Ftabel (1,409 ≤ 1,861) berarti sampel data tersebut adalah “Homogen”. Adapun hasil perhitungan dengan thitung = 6,38 sedangkan ttabel = 2,000. Pada taraf signifikansi = 0,05 dengan derajat kebebasan = 58. Maka dapat disimpulkan bahwa thitung ≥ ttabel (6,38 ≥ 2,000), manyatakan bahwa H0 ditolak sedngkan H1 diterima. Maka dapat dikatakan bahwa ada perbedaan antara penggunan media Ular Tangga dan Media Pop Up terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Jatibening I Kota Bekasi.