SHINTA MONIKA. NIM : 1101045286. Perbandingan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dengan menggunakan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dan Problem Solving pada siswa kelas IV SDN Bangka 03 Pagi. Skripsi : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA, 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbandingan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dengan menggunakan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dan Problem Solving pada siswa kelas IV SDN Bangka 03 Pagi. Populasi penelitian ini adalah 52 orang siswa kelas IV dari kelas A dan B. Sampel penelitian 26 orang siswa, dari kelas IV A sebagai kelas eksperimen I, sedangkan sampel penelitian 26 orang siswa, dari kelas IV B sebagai kelas eksperimen II yang digunakan adalah quasi eksperimen, dimana menggunakan desain penelitian eksperimen I dan eksperimen II, sampel yang digunakan adalah sampling jenuh.
Model penelitian ini yang digunakan Quasi Eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Instrumen penilaian model pembelajaran di kelas eksperimen I (variabel X), dan instrument penilaian hasil belajar di kelas eksperimen II (variabel Y), Instrument penelitian ini sebelum diberikan kepada objek penelitian terlebih dahulu dilakukan uji coba instrument yaitu uji validitas dan uji realibilitas. Uji validitas dengan rumus poin biserial correlation berupa tes obyektif pilihan ganda 40 soal didapat 35 soal yang valid dan 5 soal yang tidak valid, sedangkan uji reabilitas dengan rumus KR-20. Uji validitas dengan korelasi point biserial didapat 40 soal yang valid dan 5 tidak valid. Uji reabilitas dengan KR-20 didapat rhitung > rtabel (1,032> 0,334), maka instrument reliable.
Berdasarkan hasil penelitian telah terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan yaitu uji normalitas menggunakan uji Lilliefors. Untuk kelas eksperimen I didapat 𝐿𝐿ℎ𝑖𝑖𝑖𝑖𝑖𝑖= 0,159 < 0,161= 𝐿𝐿𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡 = L(0,05,26), sedangakan kelas eksperimen II didapat Lhitung = 0,116 < 0,161=𝐿𝐿𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡 = L(0,05,26), maka dapat disimpulkan bahwa kedua sampel berdistribusi normal. Uji homogenitas menggunakan uji Fisher, diperoleh Fhitung = 1,03 < 1,86 = F0,05(25,25), dapat disimpulkan sampel kedua data tersebut berasal dari populasi yang homogen. Rata-rata skor kelas eksperimen I didapat sebesar 72,11 dan rata-rata skor untuk kelas eksperimen II sebesar 61,34 Pengujian hipotesis menggunakan uji-t, didapat thitung = 3,11 > 1,67 = t(0,05,50) ,dengan taraf signifikan α = 0,05. Hal ini berarti tolak 𝐻𝐻𝑂𝑂 ,maka hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat perbandingan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dengan menggunakan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dan model Problem Solving pada siswa kelas IV SDN Bangka 03 Pagi Jakarta Selatan.
|