Abstrak  Kembali
SESTA WIYANAH. NIM : 1101045283. Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Quiz Team terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di SDN Pekayon 15 Pagi Jakarta Timur. Skripsi. Jakarta : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh strategi pembelajaran aktif tipe quiz team terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini dilakukan di SDN Pekayon 15 Pagi Jakarta Timur Kelas III Semester II Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian “Quasi Eksperimen” dan desain One-Group Posttest Only. Populasi penelitian ini berjumlah 70 siswa yang terdiri dari 35 siswa kelas eksperimen dan 35 siswa kelas kontrol. Teknik sampling yang digunakan sampling jenuh dengan istilah sensus. Instrumen penelitian berupa soal pilihan ganda sebanyak 35 butir soal. Uji validitas menggunakan rumus Korelasi Point Biseral didapat 20 butir soal valid dan 15 butir soal yang tidak valid. Uji reliabilitas menggunakan rumus KR-20 (Kuder Richhardson). Berdasarkan pengujian, instrumen penelitian reliabel dan layak untuk digunakan sebagai instrumen penelitian. Uji normalitas menggunakan uji Lilliefors kelas eksperimen diperoleh Lhitung = 0,128 < 0,149 = Ltabel pada α = 0,05 maka populasi berdistribusi normal. Sedangkan kelas kontrol diperoleh Lhitung = 0,144 < 0,149 = Ltabel pada α = 0,05 maka populasi distribusi normal. Uji homogenitas menggunakan uji Fisher diperoleh Fhitung = 1,36 < 1,80 = Ftabel pada α = 0,05 maka sampel homogen. Uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh thitung = 4,08 > 1,99 = ttabel pada α = 0,05 dan dk = 34. Maka disimpulkan bahwa terdapat pengaruh strategi pembelajaran aktif tipe quiz team terhadap hasil belajar matematika siswa di SDN Pekayon 15 Pagi Jakarta Timur.