SESTA WIYANAH. NIM : 1101045283. Pengaruh Strategi Pembelajaran
Aktif Tipe Quiz Team terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di SDN
Pekayon 15 Pagi Jakarta Timur. Skripsi. Jakarta : Program Studi Pendidikan
Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas
Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh
strategi pembelajaran aktif tipe quiz team terhadap hasil belajar matematika siswa.
Penelitian ini dilakukan di SDN Pekayon 15 Pagi Jakarta Timur Kelas III
Semester II Tahun Pelajaran 2014/2015.
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian
“Quasi Eksperimen” dan desain One-Group Posttest Only. Populasi penelitian ini
berjumlah 70 siswa yang terdiri dari 35 siswa kelas eksperimen dan 35 siswa
kelas kontrol. Teknik sampling yang digunakan sampling jenuh dengan istilah
sensus. Instrumen penelitian berupa soal pilihan ganda sebanyak 35 butir soal. Uji
validitas menggunakan rumus Korelasi Point Biseral didapat 20 butir soal valid
dan 15 butir soal yang tidak valid. Uji reliabilitas menggunakan rumus KR-20
(Kuder Richhardson). Berdasarkan pengujian, instrumen penelitian reliabel dan layak untuk digunakan sebagai instrumen penelitian.
Uji normalitas menggunakan uji Lilliefors kelas eksperimen diperoleh
Lhitung = 0,128 < 0,149 = Ltabel pada α = 0,05 maka populasi berdistribusi normal.
Sedangkan kelas kontrol diperoleh Lhitung = 0,144 < 0,149 = Ltabel pada α = 0,05 maka populasi distribusi normal. Uji homogenitas menggunakan uji Fisher
diperoleh Fhitung = 1,36 < 1,80 = Ftabel pada α = 0,05 maka sampel homogen.
Uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh thitung = 4,08 > 1,99 = ttabel pada
α = 0,05 dan dk = 34. Maka disimpulkan bahwa terdapat pengaruh strategi
pembelajaran aktif tipe quiz team terhadap hasil belajar matematika siswa di SDN Pekayon 15 Pagi Jakarta Timur.
|