RAFIKA MEIGA WATI. NIM: 1101045239. Perbedaan Hasil Belajar PKn antara Penggunaan Metode Mind Map dengan Snowball Throwing pada Siswa Kelas II SDN Pekayon 11 Pagi. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.HAMKA, 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan hasil belajar PKn antara penggunaan metode Mind Map dengan Snowball Throwing siswa kelas II. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah “Terdapat perbedaan hasil belajar PKn antara metode Mind Map dengan Snowball Throwing pada siswa kelas II”. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Pekayon 11 Pagi tahun ajaran 2014/2015. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampel jenuh sebanyak 57 siswa dari populasi yang terdiri dari 2 kelas yaitu meliputi 29 siswa kelas IIA dan 28 siswa kelas IIB.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Exsperimen dapat juga disebut eksperimen semu, yaitu untuk mencari perbedaan hasil belajar Pkn antara penggunaan metode Mind Map dengan Snowball Throwing siswa kelas II SDN Pekayon 11 Pagi. Data hasil belajar Pendidikan Kewarganegaran didapat dari hasil soal uji coba instrumen penelitian terlebih dahulu diuji cobakan di MI sirojatu athfal kepada 33 siswa. Uji validitas instrumen dengan rumus Korelasi Point Biserial didapat 20 soal valid, sedangkan uji reliabilitas dengan rumus KR-20 diperoleh 𝑟ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔=0,866>𝑟𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙=0,344 maka instrumen reliabel.
Uji persyaratan analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas dengan menggunakan uji lilliefors dan uji homogenitas dengan menggunakan uji fisher. Pada kelas eksperimen I normalitas didapat Lhitung = 0,141 < 0,161 =𝐿𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 dan kelas eksperimen II Lhitung = 0,155 < 0,161 =𝐿𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 dengan taraf signifikansi α = 0,05 dan n = 30, maka disimpulkan data kedua kelompok berdistribusi normal. Untuk uji homogenitas diperoleh Fhitung < Ftabel (1,14 <1,93) dengan taraf signifikansi α = 0,05, dk pembilang = 28 dan dk penyebut = 27 berarti varians dari kedua kelas homogen. Uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔=3,42>2,00525=𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 dengan taraf signifikansi α = 0,05 dan derajat kebebasan (dk) 55, maka Hi diterima.
Simpulan akhir dari penelitian ini menyatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar PKn menggunakan metode Mind Map dengan Snowball Throwing pada siswa kelas II SDN Pekayon 11 Pagi.
|