ISTIGHFARIN. NIM: 1101045434. Perbedaan Metode College Ball Dengan Firing Line Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas V SDN Margahayu III Bekasi. Skripsi. Jakarta: Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan penggunaan metode college ball dengan firing line terhadap hasil belajar IPS. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Margahayu III Bekasi pada semester genap tahun ajaran 2014/2015.
Populasi dalam penelitian ini sebanyak 50 siswa. Dengan sampel 25 siswa kelas VA dan 25 siswa Kelas VB. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik sampling jenuh dengan mengambil sebanyak 50 orang siswa. Yang terdiri 25 orang siswa yang diajar dengan menggunakan metode College Ball dan 25 orang siswa yang diajar dengan metode Firing Line. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimental. Instrumen penelitian berupa soal pilihan ganda sebanyak 40 soal. Instrumen terlebih dahulu diuji cobakan di SDN Rawa Badak Utara 06 Petang Jakarta Utara kepada 26 siswa.
Uji validitas instrumen dengan menggunakan rumus Korelasi Point Biserial dengan hasil 25 soal valid dan 15 soal yang tidak valid, sedangkan uji reliabilitas dengan rumus KR-20 diperoleh rhitung = 0,92 > rtabel = 0,39, maka instrumen reliabel. Sebelum data dianalisis, dilakukan uji persyaratan yaitu uji normalitas menggunakan uji Liliefors dan uji homogenitas menggunakan uji Fisher. Pada kelas eksperimen pengujian normalitas didapat Lhitung = 0,1066 < 0,173 = Ltabel dan kelas kontrol Lhitung = 0,1464 < 0,173 = Lhitung dengan taraf signifikan α = 0,05 dan n = 25, maka dapat disimpulkan data kedua kelompok tersebut berdistribusi normal. Untuk uji homogenitas diperoleh Ftabel< Ftabel (1,1 < 1,98) dengan taraf signifikan α = 0,05, dk pembilang = 24 dan dk penyebut = 24, maka disimpulkan varians kedua kelompok homogen.
Uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh thitung = 3,05 > 2,797 = ttabel, dengan TS = 0,05 maka Ho ditolak, yang menyatakan bahwa terdapat perbedaan metode college ball dengan firing line pada hasil belajar IPS. Di dalam perhitungan statistik. Metode Pembelajaran College Ball lebih baik dibandingkan dengan Metode Pembelajaran Firing Line dalam Hasil Belajar IPS Kelas V di SDN Margahayu III Bekasi.
|