Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui terdapat atau tidaknya perbedaan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan media flash card dan media flannel board. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Tebet Barat 05 Pagi Jakarta Selatan pada semester genap tahun pelajaran 2014/2015. Sampel diambil secara acak sederhana mengambil sebanyak 60 siswa dari populasi sebanyak 63 siswa yang terdiri dari 2 kelas. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan membedakan 2 kelompok yang diteliti yaitu kelompok eksperimen diberikan media flash card dan kelompok kontrol diberikan media flannel board. Instrumen penelitian tes uraian sebanyak 20 butir soal. Instrumen diuji cobakan kepada 33 siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Sa’adatuddarain. Dari uji validitas dengan rumus Product Moment didapat 16 butir soal yang valid dan reliabel. Sebelum data dianalisis, sebelumnya dilakukan uji prasyaratan yaitu uji normalitas menggunakan uji lilliefors dan uji homogenitas menggunakan uji fisher. Karena L0=0,144<0,161=Ltabel untuk kelompok eksperimen dan L0=0,109<0,161=Ltabel untuk kelompok kotrol, maka disimpulkan data kedua kelompok berdistribusi normal. Untuk uji homogenitas, karena Fhitung2,002=ttabel maka H0 ditolak. Dengan demikian H1 diterima yang menyatakan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan media flash card dan flannel board.
|