Abstrak  Kembali
Iin Suryani. Pengaruh Strategi Mathematical Habits of Mind Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa SMP Negeri 24 Tangerang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2014. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh strategi mathematical habits of mind terhadap kemampuan berpikir kreatif matematik siswa. Desain penelitian ini adalah Randommized subject post test only control group design. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan berpikir kreatif matematik. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2 dan VIII-4 yang berjumlah 74 siswa. Penentuan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Kemampuan berpikir kreatif matematik yang diukur dalam penelitian ini meliputi empat indikator, yaitu: 1) berpikir luwes (flexibility), 2) berpikir lancar (fluency), 3) berpikir orisinal (originality) dan 4) berpikir rinci (elaboratif). Data dalam penelitian ini diperoleh dari tes kemampuan berpikir kreatif matematik. Diperoleh hasil penelitian bahwa kemampuan berpikir kreatif matematik yang diajar dengan strategi mathematical habits of mind lebih tinggi daripada yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Hal ini dapat dilihat dari nilai ratA-rata hasil tes kemampuan berpikir kreatif matematik yang diajar dengan strategi mathematical habits of mind sebesar 62,054 dan nilai rata-rata hasil tes kemampuan berpikir kreatif matematik yang diajar dengan pembelajaran konvensional sebesar 53,946 (thitung = 2,373 > 1,668 = ttabel). Kesimpulan hasil penelitian ini adalah bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan strategi mathematical habits of mind berpengaruh lebih efektif terhadap kemampuan berpikir kreatif matematik dibandingkan yang menggunakan pembelajaran konvensional. Kata kunci : Strategi Mathematical Habits of Mind, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik.