Iin Suryani. Pengaruh Strategi Mathematical Habits of Mind Terhadap Kemampuan
Berpikir Kreatif Matematik Siswa SMP Negeri 24 Tangerang. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas
Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2014.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh strategi mathematical habits of
mind terhadap kemampuan berpikir kreatif matematik siswa. Desain penelitian ini
adalah Randommized subject post test only control group design. Instrumen yang
digunakan berupa tes kemampuan berpikir kreatif matematik. Subjek penelitian ini
adalah siswa kelas VIII-2 dan VIII-4 yang berjumlah 74 siswa. Penentuan sampel
menggunakan teknik cluster random sampling. Kemampuan berpikir kreatif matematik
yang diukur dalam penelitian ini meliputi empat indikator, yaitu: 1) berpikir luwes
(flexibility), 2) berpikir lancar (fluency), 3) berpikir orisinal (originality) dan 4) berpikir
rinci (elaboratif). Data dalam penelitian ini diperoleh dari tes kemampuan berpikir
kreatif matematik. Diperoleh hasil penelitian bahwa kemampuan berpikir kreatif
matematik yang diajar dengan strategi mathematical habits of mind lebih tinggi
daripada yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Hal ini dapat dilihat dari nilai
ratA-rata hasil tes kemampuan berpikir kreatif matematik yang diajar dengan strategi
mathematical habits of mind sebesar 62,054 dan nilai rata-rata hasil tes kemampuan
berpikir kreatif matematik yang diajar dengan pembelajaran konvensional sebesar
53,946 (thitung = 2,373 > 1,668 = ttabel). Kesimpulan hasil penelitian ini adalah bahwa
pembelajaran matematika dengan menggunakan strategi mathematical habits of mind
berpengaruh lebih efektif terhadap kemampuan berpikir kreatif matematik dibandingkan
yang menggunakan pembelajaran konvensional.
Kata kunci : Strategi Mathematical Habits of Mind, Kemampuan Berpikir Kreatif
Matematik.
|