Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan terdapat atau tidaknya perbandingan sikap ilmiah siswa kelas V SD Muhammadiyah 24 Rawamangun dengan siswa kelas V SDN Kalisari 07 Pagi. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah: “Terdapat perbandingan sikap ilmiah antara siswa kelas V SD Muhammadiyah 24 Rawamangun dengan SDN Kalisari 07 Pagi. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas V SD Muhammadiyah 24 Rawamangun dan siswa kelas V SDN Kalisari 07 Pagi pada semester genap tahun pelajaran 2013/2014. Populasi yang diteliti sebanyak 73 siswa yang terdiri dari 35 siswa kelas V SD Muhammadiyah 24 Rawamangun dan 38 siswa kelas V SDN Kalisari 07 Pagi. Sampel yang digunakan adalah sampel jenuh. Instrumen berupa angket 30 butir dengan 4 pilihan jawaban. Uji validitas dengan rumus produk moment. Uji reabilitas dengan rumus metode Alpha. Sebelum data dianalisis terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan yaitu uji normalitas menggunakan uji chi-kuadrat dan uji homogenitas menggunakan uji Fisher. Pada SD Muhammadiyah 24 Rawamangun , pengujian normalitas didapat Xhitung = 2,4 dan pada SDN 07 Kalisari didapat Xhitung = 4,13. Xtabel pada kedua sekolah adalah 13,3 karena pada kedua sekolah Xhitung < Xtabel maka disimpulkan data kedua kelompok berdistribusi normal. Uji homogenitas diperoleh F hitung = 1,12 dengan F tabel = 2,34 pada dk pembilang = 37 dan dk penyebut = 34, karena F hitung < F tabel, maka disimpulkan variansi kedua kelompok homogen. Uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh thitung = -21,8 pada taraf signifikansi = 0,01 dengan derajat kebebasan (dk) 71 didapat ttabel = 2,652 dan karena -ttabel < thitung < ttabel maka Ho ditolak. Dengan demikian H1 diterima yang menyatakan bahwa ada Perbandingan pada sikap ilmiah siswa kelas V SD Muhammadiyah 24 Rawamangun dengan SDN Kalisari 07 Pagi
|