Abstrak  Kembali
EKA PERMATASARI. NIM: 1001125053. Hubungan antara Kemampuan Mengatur Waktu Be/ajar dengan Hasil Be/ajar Matematika Siswa SMP Negeri 2 Lembang, Kabupaten Bandung. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya hubungan kemampuan mengatur waktu belajar dengan hasil belajar matematika siswa. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah "terdapat hubungan kemampuan mengatur waktu belajar dengan hasil belajar matematika siswa". Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 2 Lembang, Kabupaten Bandung pada semester pertama tahun pelajaran 2014/2015. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 2 Lembang. Sampel yang digunakan sebanyak 37 siswa yang dipilih berdasarkan teknik simple random sampling, sedangkan metode penelitian yang digunakan metode survei dengan teknik korelasi. Variabel bebas: kemampuan mengatur waktu belajar (X). Variabel terikat: hasil belajar matematika siswa (Y). Instrumen kemampuan mengatur waktu belajar berupa angket dan instrumen hasil belajar matematika berupa soal uraian aljabar masing - masing instrument diujicobakan kepada 38 siswa yang hasilnya terdapat 30 pemyataan angket dan 8 soal uraian aljabar yang valid. Dari hasil pengujian normalitas untuk data variabel X diperoleh Lhitung= 0,1390 < 0,1457 = Ltabel dan variabel Y diperoleh Lhitung = 0,0676 < 0,1457 = Ltabeb sehingga kedua data tersebut berdistribusi normal. Hasil perhitungan regresi linier diperoleh Y = 2,784 + 0,162X. Uji kelinieran regresi menghasilkan Fhitung =1,055< 2,440 = Ftabeb model regresi tersebut linier artinya terdapat hubungan yang linier dari kedua variabel. Uji keberartian regresi didapat Fhitung = 19,912 > 4,120 = Ftabel, model regresi signifikan. Pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis korelasi product momentdidapat Thitung =0,602, dilanjutkan dengan uji keberartian korelasi menggunakan t-studen didapat thitung =3,572, maka thitung =3,572 > 2,040 = ttabel yang berarti Ho ditolak, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan kemampuan mengatur waktu belajar dengan hasil belajar matematika siswa. Koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,3626 artinya kontribusi kemampuan mengatur waktu belajar dengan hasil belajar matematika siswa sebesar 36,26%. Kata Kunci: kemampuan mengatur waktu belajar, hasil belajar matematika siswa.