Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan model Numbered Heads Together dengan model Inside-Outside Cyrcle terhadap hasil belajar IPA siswa di kelas IV. Penelitian ini dilakukan di SDN Pulogebang 11 Pagi pada semester genap tahun ajaran 2014/2015.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen Quasi Eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian terdiri dari 40 siswa pada kelas Numbered Heads Together dan 40 siswa pada kelas Inside-Outside Cyrcle. Pengambilan sampel ini menggunakan teknik sampling jenuh. Instrumen tes dalam penelitian berupa tes formatif yang terdiri dari 30 soal pilihan ganda dengan 4 pilihan jawaban yang telah di uji validitas dan reliabilitasnya.
Dari hasil perhitungan uji persyaratan analisis data, uji normalitas menggunakan uji Liliefors, kelompok siswa yang menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together diperoleh Lhitung sebesar 0,0909 dan kelompok siswa yang menggunakan model pembelajaran Inside-Outside Cyrcle diperoleh Lhitung sebesar 0.1386. Ltabel = 0,14 dengan taraf signifikan α = 0,05 dan n = 40, maka data kedua kelompok tersebut berdistribusi normal. Dan uji homogenitas menggunakan Fisher diperoleh Fhitung = 1,47 dan Ftabel = 1,71 dengan taraf signifikan α = 0,05 dengan dk pembilang = 39 dan dk penyebut = 39. Karena Fhitung < Ftabel, maka dapat disimpulkan bahwa varianskedua kelompok homogen.
Dari hasil perhitungan diperoleh nilai rata-rata X1 = 76,05 dan nilai rata-rata X2 = 64,025. Setelah itu dilakukan perhitungan uji-t, thitung diperoleh sebesar 3,97 dan ttabel pada taraf signifikansi ( α ) = 0,05 dan derajat kebebasan 78 sebesar 1,668. Hal ini menunjukkan thitung lebih besar dari ttabel maka H0 ditolak, yang berarti terdapat perbedaan model Numbered Heads Together dengan model Inside-Outside Cyrcle terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Pulogebang 11 Pagi Jakarta Timur.
|