Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan Hasil Belajar IPS Menggunakan Model Pembelajaran Snowball Throwing dan Model Pembelajaran Tebak Kata Pada Siswa Kelas IV SDN Kramatjati 01 Jakarta Timur pada semester 2 tahun ajaran 2014-2015. Populasi penelitian ini berjumlah 77 siswa dan siswa yang diteliti berjumlah 60 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik simple random sampling dengan pengacak siswa yang akan dijadikan sampel. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan Quasi Eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pilihan ganda sebanyak 25 soal. Berdasarkan perhitungan dengan uji-t (t-test) diperoleh thitung sebesar 2,509 dan ttabel dengan taraf signifikan α = 0,05, taraf kebebasan (dk) = 58, 1,672 maka thitung > ttabel sehingga H0 ditolak. Oleh karena itu, hasil penelitian ini disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar IPS menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing dan model pembelajaran Tebak Kata pada siswa kelas IV SDN Kramatjati 01. Dengan rata-rata hasil belajar menggunakan model pembelajaran Tebak Kata (83,33) lebih tinggi daripada rata-rata hasil belajar menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing (75,33).
|