Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan antara model Teams Games Tournament dan Course Review Horay terhadap hasil belajar siswa SD kelas V mata pelajaran IPA di SDN Pulogebang 20 Pagi Jakarta Timur. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Pulogebang 20 Pagi Jakarta Timur pada semester 2 tahun ajaran 2014-2015. Populasi penelitian ini berjumlah 72 orang siswa yang terdiri dari, kelas eksperimen 1 berjumlah 36 siswa dan kelas eksperimen 2 berjumlah 36 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik sampling jenuh dengan istilah sensus. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen. Uji instrument dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Uji validitas dengan Korelasi Point Biserial di dapat 25 soal yang valid dan 15 soal tidak valid (drop). Uji reliabilitas dengan K-R 20 didapat rhitung = 0,776 > 0,308 = r(0,05,41) maka instrument reliable dan hasil instrument tes mempunyai nilai tinggi. Uji normalitas menggunakan uji Liliefors. Untuk kelas eksperimen 1 didapat Lhitung = 0,1390 < 0,1476 = L(0,05,36), sedangkan kelas eksperimen 2 Lhitung = 0,0929 < 0,1476 = L(0,05,36), maka dapat disimpulkan bahwa kedua sampel berdistribusi normal. Uji homogenitas menggunakan uji Fisher, diperoleh Fhitung = 1,55 < 1,72 F(0,05(35),(35)), dapat disimpulkan sampel kedua data tersebut berasal dari populasi yang homogen. Perolehan nilai kelas eksperimen 1 untuk rata-rata sebesar = 82,44 dan perolehan nilai kelas eksperimen 2 untuk rata-rata sebesar = 73,00. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t, didapat thitung = 4,7278 > 2,000 t(0,05,(35),(35)), dengan taraf signifikansi α = 0,05. Hal ini berarti tolak Ho, oleh karena itu, hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara model teams games tournament dan course review horay terhadap hasil belajar siswa SD kelas V mata pelajaran IPA di SDN Pulogebang 20 Pagi Jakarta Timur.
|