Abstrak  Kembali
Peneliti ini bertujuan untuk memecahkan masalah yang dihadapi peneliti dalam keseharian melaksanakan tugas sebagai tenaga pengajar di SDN Paseban 18 Pagi Jakarta Pusat sekaligus untuk memenuhi persyaratan mendapatkan gelar Sarjana Pendidikan pada Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah Apakah Penerapan Metode QUANTUM MEMORIZER dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV. Penelitian ini berlagsung dari bulan April hingga Juni 2015 dengan subyek penelitian sebanyak 33 orang siswa yang duduk di kelas IV SDN Paseban 18 Pagi Jakarta Pusat. Penelitian ini berupa Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus, setiap siklus menggunakan prosedur tindakan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan da refleksi dengan target penelitian yaitu setiap siswa mendapat nilai hasil belajar IPA mencapai KKM yaitu 65,00, khususnya pada pokok bahasan Energi Panas dan Penggunaannya. Setelah melaksanakan serangkaian kegiatan penelitian dan tindakan serta evaluasi, pada siklus pertama rata-rata hasil belajar siswa baru mencapai 59,84 sedangkan pada siklus kedua sudah mencapai 73,33 dan sudah memenuhi nilai KKM sesuai dengan target yang diharapkan. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan atau penggunaan metode QUANTUM MEMORIZER sebagai teknik pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar IPA khususnya siswa kelas IV SDN Paseban 18 Pagi Jakarta Pusat pada pokok bahasan Energi panas dan Penggunaannya