Penelitian ini dilaksanakan karena kurangnya minat siswa dan rendahnya nilai siswa kelas IV SDIT Al-Muddatsiriyah Jakarta Pusat, terutama pada pelajaran IPA. Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh hasil belajar IPA siswa dengan menggunakan metode inkuiri. Hipotesis yang diajukan ialah “terdapat pengaruh penggunaan metode pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar IPA”. Penelitian ini dilaksanakan di SDIT Al-Muddatsiriyah Jakarta Pusat pada semester 2 Tahun ajaran 2014/2015. Sampel yang diteliti sebanyak 64 siswa yang terdiri dari 32 siswa kelas eksperimen dan 32 siswa kelas kontrol.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode True Experimental Design. Instrumen hasil belajar siswa menggunakan tes dalam bentuk pilihan ganda. Sebelum digunakan dalam penelitian, instrumen terlebih dahulu diujicobakan kepada 32 siswa SDN Limo 01 Depok. Dari hasil uji coba diperoleh 33 butir tes yang valid dari 40 butir test hasil belajar IPA. Untuk pengujian realibilitas, diperoleh rhitung = 0,91 sehingga instrumen ini reliabel.
Uji prasyarat analisis data yaitu uji normalitas menggunakan liliefors, uji homogenitas menggunakan uji fisher, dan pengujian hipotesis menggunakan uji t. Dari hasil pengujian normalitas untuk kelas eksperimen, diperoleh Lo = 0,0823 < Ltabel = 0,156, dan untuk kelas kontrol diperoleh Lo = 1054 < Ltabel = 0,156. Maka dapat disimpulkan kedua data tersebut berdistribusi normal. Hasil perhitungan homogenitas diperoleh Fhitung = 1,150 < Ftabel = 1,8221. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t. Dari hasil perhitungan didapat nilai thitung = 4,65 > ttabel = 1,671.
Dengan demikian hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima, artinya bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan metode pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDIT Al-Muddatsiriyah Jakarta Pusat.
|