BANGUN HARI PRANOTO. NIM: 0901125037. Perbedaan Kemampuan
Komunikasi Matematik Siswa dengan Metode Numbered Heads Together (NHT) dan
Metode Ekspositori berbantuan Information And Communications Technology (ICT) di
SMP Negeri 184 Jakarta. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA,
Agustus 2014.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan
kemampuan komunikasi matematik siswa yang diajarkan dengan metode NHT dan
Metode Ekspositori berbantuan ICT. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini
adalah “terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematik siswa yang
menggunakan metode NHT dan metode Ekspositori berbantuan ICT”. Penelitian ini
dilaksanakan di SMP Negeri 184 Jakarta kelas VIII pada semester ganjil tahun
pelajaran 2013/2014. Sampel yang digunakan sebanyak 68 siswa yang terdiri dari 34
siswa yang diajar menggunakan metode NHT berbantuan ICT di kelas eksperimen dan
34 siswa yang diajar menggunakan Metode Ekspositori berbantuan ICT di kelas
kontrol. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experiment. Instrumen
kemampuan komunikasi matematik siswa menggunakan tes kemampuan komunikasi
matematik berbentuk essai. Instrumen penelitian diujicobakan di SMP Negeri 102
Jakarta kepada 36 siswa. Diperoleh 6 soal yang valid dari 8 soal yang diujikan.
Reliabilitas tes kemampuan komunikasi matematik siswa memiliki skor rhitung = 0,491 >
rtabel = 0,329, sehingga instrumen ini reliabel dan layak digunakan dalam penelitian.
Sebelum data dianalisis, terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan, yaitu uji
normalitas menggunakan uji Lilliefors dan uji homogenitas menggunakan uji Fisher.
Uji normalitas kelas eksperimen diperoleh Lhitung = 0,1499 < Ltabel = 0,1519
sedangkan untuk kelas kontrol diperoleh Lhitung = 0,0972 < Ltabel = 0,1519, maka dapat
disimpulkan bahwa kedua kelas berdistribusi normal. Hasil perhitungan homogenitas
diperoleh Ftabel = 0,4994 < Fhitung = 1,4229 < Ftabel = 2,0023, maka dapat disimpulkan
bahwa varians kedua kelas sama. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t diperoleh thitung
= 2,3247 > ttabel = 1,9966, maka H0 ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat
perbedaan kemampuan komunikasi matematik siswa yang diajarkan dengan metode
NHT dan metode Ekspositori berbantuan ICT di SMP Negeri 184 Jakarta.
Kata Kunci: metode Numbered Heads Together (NHT), metode Ekspositori,
Information And Communications Technology (ICT), Kemampuan Komunikasi
Matematik Siswa.
|