Abstrak  Kembali
BANGUN HARI PRANOTO. NIM: 0901125037. Perbedaan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa dengan Metode Numbered Heads Together (NHT) dan Metode Ekspositori berbantuan Information And Communications Technology (ICT) di SMP Negeri 184 Jakarta. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, Agustus 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan kemampuan komunikasi matematik siswa yang diajarkan dengan metode NHT dan Metode Ekspositori berbantuan ICT. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah “terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematik siswa yang menggunakan metode NHT dan metode Ekspositori berbantuan ICT”. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 184 Jakarta kelas VIII pada semester ganjil tahun pelajaran 2013/2014. Sampel yang digunakan sebanyak 68 siswa yang terdiri dari 34 siswa yang diajar menggunakan metode NHT berbantuan ICT di kelas eksperimen dan 34 siswa yang diajar menggunakan Metode Ekspositori berbantuan ICT di kelas kontrol. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experiment. Instrumen kemampuan komunikasi matematik siswa menggunakan tes kemampuan komunikasi matematik berbentuk essai. Instrumen penelitian diujicobakan di SMP Negeri 102 Jakarta kepada 36 siswa. Diperoleh 6 soal yang valid dari 8 soal yang diujikan. Reliabilitas tes kemampuan komunikasi matematik siswa memiliki skor rhitung = 0,491 > rtabel = 0,329, sehingga instrumen ini reliabel dan layak digunakan dalam penelitian. Sebelum data dianalisis, terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan, yaitu uji normalitas menggunakan uji Lilliefors dan uji homogenitas menggunakan uji Fisher. Uji normalitas kelas eksperimen diperoleh Lhitung = 0,1499 < Ltabel = 0,1519 sedangkan untuk kelas kontrol diperoleh Lhitung = 0,0972 < Ltabel = 0,1519, maka dapat disimpulkan bahwa kedua kelas berdistribusi normal. Hasil perhitungan homogenitas diperoleh Ftabel = 0,4994 < Fhitung = 1,4229 < Ftabel = 2,0023, maka dapat disimpulkan bahwa varians kedua kelas sama. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t diperoleh thitung = 2,3247 > ttabel = 1,9966, maka H0 ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematik siswa yang diajarkan dengan metode NHT dan metode Ekspositori berbantuan ICT di SMP Negeri 184 Jakarta. Kata Kunci: metode Numbered Heads Together (NHT), metode Ekspositori, Information And Communications Technology (ICT), Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa.