Abstrak  Kembali
HAYATUR RIDHANI NIM: 1001125072. Perbedaan kemampuan pemahaman konsep Matematika Siswa Dengan Menggunakan Model Problem based learning dan Meodel paikem. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. DTi. HAMKA, 2014. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep Matematika Siswa Dengan Menggunakan Model Problem based learning dan Meodel paikem.Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah “ tdak Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep Matematika Siswa Dengan Menggunakan Model Problem based learning dan Meodel paikem.”. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 7 Bekasi tahun pelajaran 2013/2014. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dengan sampel 53 siswa yang terdiri dari kelas VIII-5 sebanyak 26 siswa sebagai kelas eksperimen dan dari kelas VIII 2 sebanyak 27 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunkan instrumen penelitian berupa tes uraian sebanyak 19 soal yang telah diuji validitas dan reliabilitas instrumennya. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis perbandingan dengan Uji-t, pada taraf signifikan Uji persyaratan analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji Liliefors untuk normalitas dan uji-F untuk homogenitas. Untuk kelas eksperimen di dapat nilai Lhitung < Ltabel . Sedangkan kelas kontrol di dapat Lhitung < Ltabel. Karena Lhitung < Ltabel , berarti H0 diterima dan kesimpulannya adalah sampel yang digunakan berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Uji-F untuk homogenitas diperoleh dengan taraf signifikan Karena < maka H0 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa kedua kelas tersebut mempunyai varians yang sama. Dengan demikian kedua kelas tersebut adalah homogen setelah diberikan perlakuan. Dari analisis data diperoleh < pada taraf signifikan dan derajat kebebasan (dk) = 51. Karena yang berarti H0 dititerima dengan kata lain menerima hipotesis alternatif H1 yang menyatakan bahwa tidak terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep Matematika Siswa Dengan Menggunakan Model Problem based learning dan Meodel paikem.. Simpulan akhir dari penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat kemampuan pemahaman konsep Matematika Siswa Dengan Menggunakan Model Problem based learning dan Meodel paikem.. Kata kunci : kemampuan pemahaman konsep matematika , model Problem based learning, model paikem.