Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh metode Diskursus Multi Refrecentacy terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Pondok Kelapa 04. Variabel bebas (X) yaitu Diskursus Multi Refrecentacy dan variabel terikat (Y) yaitu hasil belajar IPS. Hipotesis penelitian adalah “terdapat pengaruh hasil belajar IPS siswa dengan menggunakan metode Diskursus Multi Refrecentacy”. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Pondok Kelapa 04 Jakarta Timur tahun pelajaran 2014/2015. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Preexperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Pondok Kelapa 04 Pagi Jakarta Timur sebanyak 35 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampel jenuh, diperoleh sampel penelitian pre-test dan post test. Pre-test dan post test sebayak 20 butir soal dengan menggunakan metode Diskursus Multy Refrecentacy. Uji coba instrumen dilakukan di SDN Pondok Kelapa 08 Jakarta Timur kepada 34 siswa. Uji validitas instrumen dengan rumus Korelasi Point Biserial didapat 20 soal valid dari 40 soal yang diujikan, sedangkan uji reliabilitas dengan rumus KR-20 diperoleh rhitung 0,967 > 0,349 = rtabel, maka instrumen reliabel. Uji persyaratan yaitu uji normalitas menggunakan lilliefors dan uji homogenitas menggunakan uji fisher. Pre-test uji normalitas didapat Lhitung = 0,089 < 0,149 = Ltabel dan ke Post Test Lhitung = 0,144 < 0,149 = Ltabel dengan taraf signifikansi dan n = 35 maka disimpulkan data kedua kelompok berdistribusi normal. Uji homogenitas didapat Fhitung= 1,29038 < 1,7720 = Ftabel dengan taraf signifikansi dk pembilang = 34 dan dk penyebut = 34, maka disimpulkan varians sampel kelas sama, berarti sampel berasal dari populasi yang homogen. Uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh thitung = 11,59> 1,99 = ttabel pada taraf signifikansi dan derajat kebebasan (dk) = 68, maka H0 ditolak yang berarti terdapat pengaruh hasil belajar IPS siswa di SDN Pondok Kelapa 04 dengan menggunakan metode Diskursus Multi Refrecentacy